0%
logo header
Selasa, 04 Juni 2024 14:20

Normalisasi Drainase Diharapkan Mampu Atasi Masalah Banjir Samboja Kukar

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Banjir di Kelurahan Seluang, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, beberapa hari lalu. (Istimewa)
Banjir di Kelurahan Seluang, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, beberapa hari lalu. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Permasalahan banjir kembali menghantui Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini diungkapkan oleh Camat Samboja, Damsik, yang menyatakan bahwa beberapa titik di wilayahnya sering terendam air, terutama saat musim hujan atau hujan deras.

“Seperti beberapa hari yang lalu, beberapa titik di Kecamatan Samboja seperti di Kelurahan Seluang sempat terendam banjir,” ujar Damsik, Selasa (04/06/2024).

Banjir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter tersebut sempat merendam akses jalan dan menggenangi rumah warga. Beruntungnya, dengan upaya bersama pihak terkait, banjir ini tidak berlangsung lama.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Selain membantu para warga yang terdampak banjir, pemerintah kecamatan juga berkolaborasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) untuk melakukan kegiatan normalisasi saluran drainase atau parit,” jelasnya.

Kegiatan normalisasi ini, menurut Damsik, cukup signifikan dalam memperlancar aliran air hujan. Sehingga, air tidak tertampung lama dan menyebabkan genangan di jalan dan permukiman warga.

“Normalisasi ini sudah dan akan terus kita lakukan. Sehingga harapan kita ke depannya banjir akibat hujan ini bisa diminimalisir atau bahkan tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Upaya normalisasi drainase ini diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi permasalahan banjir di Kecamatan Samboja. Selain itu, diperlukan juga kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan ke saluran drainase yang dapat memperparah genangan air. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646