0%
logo header
Sabtu, 16 September 2023 19:11

Pakai Uang Pribadi, Ratusan Kepsek di Sinjai Bakal Studi Banding ke Bandung dan Jakarta

Ilustrasi. (int)
Ilustrasi. (int)

REPUBLIKNEWS.CO.ID,SINJAI — Ratusan Kepala Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sinjai bakal mengunjungi kota Bandung, Provinsi Jawa Barat dan Jakarta untuk melakukan Studi Banding terkait dengan peningkatan sumber daya manusia.

Ratusan Kepala Sekolah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S) akan berada di kota Bandung dan Jakarta pada tanggal 18 hingga 21 September 2023 atau selama 4 hari 3 malam dengan biaya per orang sebesar Rp6,1 juta

“Jumlah Kepala Sekolah Dasar yang mau ikut sebanyak 131 orang,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib saat dikonfirmasi via WhatsApp, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga : Disdik Sinjai Diteror OTK, Diduga Sepucuk Surat Kaleng jadi Misteri

Menurutnya, studi banding ini dilakukan agar meningkatkan sumber daya manusia para Kepala Sekolah Dasar terutama dalam hal manajemen sekolah untuk implementasi kurikulum merdeka, keterlibatan orang tua dan eksternal dalam mendukung prestasi siswa, digitalisasi dalam pembelajaran serta berbagai praktik baik lainnya dalam implementasi merdeka belajar.

Dari 131 Kepala Sekolah SD yang bakal berangkat masing-masing menggunakan dana pribadi mereka. Sebab kata Irwan Suaib, pihaknya dari awal berkomitmen dengan para tenaga pendidik yang menerima sertifikasi menggunakan sebahagian gaji sertifikasinya untuk peningkatan SDM dan melengkapi sarana pembelajaran.

“Kami berharap setelah dari Bandung bisa menerapkan praktik-praktik baik yang ada di Bandung dan bisa diterapkan di Sinjai dan sesuai dengan kondisi sekolahnya,” ungkap Mantan Kepala Bapedda Sinjai itu.

Baca Juga : Universitas Pattimura Ambon Studi Banding di FKG Unhas, Ini yang Dibahas

Dari informasi yang dihimpun, selain Kepala Sekolah SD, sebanyak 35 Kepala Sekolah SMP Sinjai sementara berada di kota Bandung, Provinsi Jawa Barat untuk melakukan Studi Banding dan akan kembali ke Kabupaten Sinjai pada hari Senin (18/9/2023) pekan depan.

Hanya saja, dikonfirmasi lebih lanjut terkait di sekolah mana 35 Kepala Sekolah SMP tersebut melakukan studi banding dan sumber biaya ke Bandung?, Irwan Suaib enggan berkomentar.

Sekedar diketahui, dihari pertama sejumlah ratusan Kepala Sekolah SD akan mengunjungi Sekolah Dasar di Jakarta dan beberapa tempat lainnya. Selanjutnya dihari kedua, dari kota Jakarta akan menempuh perjalanan untuk berkunjung di salah satu sekolah di Bandung.

Baca Juga : Peluncuran Program SMB, Andi Seto Harap Berikan Hal Tebaik Untuk Dunia Pendidikan di Sinjai

Dari kota Bandung itu akan menguji beberapa tempat wisata dan kembali ke kota Jakarta untuk beristirahat dan dihari terakhir, Kepala Sekolah yang berada di Jakarta untuk kembali ke Makassar. (*)

Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646