0%
logo header
Senin, 08 Mei 2023 18:18

Patut Dicontoh, Mengurus KK dan KTP di Dispendukcapil Kota Batu Cepat dan Tanpa Ribet

Suasana Loket Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu, Jawa Timur, Senin (08/05/2023). (Istimewa)
Suasana Loket Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu, Jawa Timur, Senin (08/05/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BATU — Apa yang pertama anda pikirkan, ketika berencana mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) hingga dokumen lainnya. Ribet, mungkin itu dibenak anda.

Tapi hal demikian tidak akan anda alami jika berdomisili di Kota Batu, Jawa Timur.

Pengurusan KTP dan KK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu berkomitmen melayani warga tanpa ribet dan terbilang sangat cepat.

Baca Juga : Kemendagri Tunjuk Aries Agung Paewai Sebagai Komandan Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Surabaya

“Jika berkas pemohon lengkap, tidak ada alasan bagi kami untuk menunda dan pasti segera mungkin memberikan pelayanan yang cepat bagi warga tentunya. Baik itu dalam pengurusan KTP, KK ataupun dokumen kependudukan lainnya,” jelas Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Kota Batu, Jawa Timur, Yuliana Florensia Rumambo Pandin.

Apalagi, kata dia, pelayanan saat ini juga sudah terintegrasi secara digital. Sehingga tentu, sebutnya, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil bisa tertangani dengan cepat.

“Semua layanan sudah terintegrasi secara digital, hal ini juga yang mendukung percepatan layanan kami. Bahkan bisa disaksikan langsung, tidak ada penumpukan, dalam hal ini antrian panjang diloket pelayanan, padahal yang kami layani sekitar 80-100 orang pemohon dalam seharinya,” pungkasnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Batu Aries Paewai Silaturahmi Keluarga Besar di Sulsel, Sempatkan Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Parepare

Dia menambahkan, komitmen layanan ini juga dimaksimalkan untuk menekan perluasan kerja oknum yang tidak bertanggung jawab (calo).

“Yang sebagaimana diketahui bersama, oknum tersebut kerap kali menjadikan momentum pengurusan administrasi kependudukan untuk memperuntungkan diri,” tegas dia.

Senada diungkapkan, warga Dusun Cangar, Bulukerto, Raza A.A, jika pihaknya mengurus KTP dan KK baru  di Dispendukcapil tidak membutuhkan waktu lama.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Serahkan SK Perpanjangan Masa Jabatan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai

“Untuk pengurusan KTP dan KK baru hanya sekitar 30 menit. Ini diluar ekpektasi saya dan keluarga, pelayanannya sangat cepat,” jelasnya.

Pasalnya kata dia, kepengurusan di Dispendukcapil domisili sebelumnya, butuh waktu sekitar sepekan hanya untuk bisa dapatkan KTP saja, belum termasuk dokumen lainnya.

“Kami berharap komitmen layanan ini bisa dipertahankan, tentu ini juga patut diapresiasi dan sangat bisa menjadi contoh pelayanan untuk wilayah lainnya. Sehingga pengurusan administrasi kependudukan masyarakat bisa tertangani dengan baik pastinya,” harapnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646