0%
logo header
Kamis, 06 Juni 2024 09:03

Pemkot Parepare Sukseskan Gerakan Sulsel Menanam

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pemkot Parepare Sukseskan Gerakan Sulsel Menanam

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare bersama TNI-Polri dan seluruh stakeholder turut mensukseskan Gerakan Sulsel Menanam yang menandai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Gerakan Sulsel Menanam di Parepare, ditandai dengan gerakan Penanaman Pohon Serentak di kawasan Pelabuhan Nusantara Parepare, Rabu (5/6/2024).

Dari Pemkot Parepare, hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Noldy Yosep Rengkuan mewakili Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, sekaligus memimpin kegiatan penanaman pohon secara simbolis.

Baca Juga : Peletakan Batu Pertama Perumahan Pesona Mario, 50 Unit Rumah Terjual Habis Sebelum Dibangun

Penanaman pohon juga melibatkan Forkopimda, KSOP Parepare, Pelindo, dan stakeholder lingkungan hidup Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare.

Jajaran Pemkot Parepare yang hadir di antaranya Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Dr Hj Halwatiah, Asisten II H Andi Ardian Asyraq, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Susianna, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, BPBD dan jajaran SKPD lainnya.

Para Camat se-Parepare semua hadir, yakni Camat Ujung Muh Yusuf Azis, Camat Soreang Awaluddin, Camat Bacukiki Saharuddin, Camat Bacukiki Barat Ardiansyah Arifuddin, berikut para Lurah dan jajaran terkait lainnya.

Baca Juga : Meski Berbeda Partai, Erwin JR Nyatakan Dukungan untuk Tasming Hamid dan Hermanto

Noldy Yosep Rengkuang mengatakan, Gerakan Sulsel Menanam ini adalah aksi penanaman pohon serentak di seluruh Kabupaten Kota se-Sulsel, dipusatkan di Pangkep, yang dilakukan secara bersamaan pada hari yang sama.

Noldy mengemukakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai upaya melestarikan lingkungan hidup khususnya di Parepare.

“Kegiatan penanaman pohon ini bersifat kolaboratif dalam upaya menangani penataan lingkungan. Pemerintah Kota Parepare yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan hidup menyiapkan 2.000 bibit pohon untuk dibagikan ke beberapa instansi, sekolah dan masyarakat,” kata Noldy.

Baca Juga : Serah Terima Jabatan dengan Abdul Hayat Gani, Akbar Ali Sampaikan Pencapaian Strategis Selama Masa Tugasnya jadi Penjabat Wali Kota Parepare

Noldy menekankan, penanaman pohon ini sangat penting untuk memberikan kontribusi dalam upaya membangun dan berkolaboratif untuk melestarikan lingkungan hidup.

Sementara dipilihnya penanaman pohon di lokasi pelabuhan, Noldy menekankan, dengan mempertimbangkan aspek Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang dinilai masih kurang di kawasan Pelabuhan Nusantara.

“Karena di pelabuhan masih kurang RTH-nya dan menjadi penilaian bagaimana layak tidaknya sebuah pelabuhan dengan didukung adanya RTH di area tersebut. Sehingga penanaman pohon ini salah satu upaya untuk mendukung RTH di pelabuhan,” tandas Noldy. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646