0%
logo header
Jumat, 03 Februari 2023 23:13

Pengurus DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikut Keterampilan Pengasuhan pada Anak Remaja

Chaerani
Editor : Chaerani
Ketua DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel Dame Yosefina saat memberikan pemaparan pada Seminar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Jumat (03/03). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Ketua DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel Dame Yosefina saat memberikan pemaparan pada Seminar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Jumat (03/03). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah pengurus di jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Seminar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel dengan menghadirkan Fasilitator Parenting Skill Provinsi Sulawesi Selatan Nur Anti.

Ketua DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel Dame Yosefina mengatakan, seminar tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi seluruh pengurus dalam hal pola pengasuhan kepada anak remaja.

Baca Juga : Azhar Arsyad Rangkul Aktivis, Ajak Berjuang dan Menang Bersama

“Kita harap nantinya DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel mampu menghadirkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti seminar hari ini,” katanya disela-sela kegiatan, Jumat (03/02/2023).

Selain itu, Dame yang juga istri Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak meminta kepada para istri pegawai agar semangat mendukung suaminya dalam bekerja agar jenjang karir suami dapat meningkat ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih dalam sambutannya mengapresiasi kepada para pengurus DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : Kolaborasi Huadi Group dan CTC Australia, Manfaatkan Slag untuk Kurangi Emisi Karbon

“Saya bangga ikut arisan ini, program-program yang dicanangkan sangat luar biasa,” kata Indah.

Dirinya pun mengaku, siap mendukung seluruh program-program yang akan diadakan oleh DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel di masa mendatang.

“Apabila ada yang harus kita bantu, tolong sampaikan kepada kami. Nanti kami beri dukungan sepenuhnya,” kata Indah.

Baca Juga : Komitmen Sejahterakan Petani, Warga Janjikan Kemenangan Hati Damai di Desa Bone

Menurutnya, keberhasilan seorang laki-laki bisa terwujud berkat adanya dukungan dari seorang perempuan. Lalu keberhasilan keluarga juga dilihat bagaimana seorang perempuan memimpin dan mendampingi suaminya.

Sementara, Nur Anti dalam materinya mengatakan, seorang anak yang memasuki masa remaja mengalami perubahan, baik dari segi fisik maupun perilakunya.

“Perubahan remaja ini ditandai dengan perilaku yang mau mandiri, sedang menemukan jati dirinya, butuh kenyamanan, butuh dimengerti, dan butuh didengarkan. Bahkan, remaja sudah bukan lagi anak kecil tetapi juga belum benar-benar dewasa,” jelas Nur.

Baca Juga : Berhasil Kembangkan Kampus, Prof Melantik Duduki Kursi Rektor Unsa Makassar Keempat Kalinya

Untuk itu, Nur mengajak para orangtua, khususnya ibu yang anaknya memasuki usia remaja agar bisa bertindak sebagai mentor, harus mengembangkan pola komunikasi, dan harus mendampinginya dalam masa perubahan ini. Apalagi, konsep diri remaja terbentuk dari hasil interaksi dengan keluarga dan lingkungan pertemanannya.

“Melalui pengasuhan ini, diharapkan remaja dapat berkembang lebih optimal dan memiliki konsep diri yang positif. Namun yang harus diingat, remaja bukanlah replikasi orang tua saat remaja di masa lalu,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646