0%
logo header
Selasa, 10 September 2024 19:51

Penjelasan SC dan OC serta PIC BPP Hipmi Terkait Polemik Pemindahan Musda Hipmi Sulsel

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Ketua SC Musda Hipmi Sulsel, Amirul Yamin Ramadhansyah. (Istimewa)
Ketua SC Musda Hipmi Sulsel, Amirul Yamin Ramadhansyah. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Polemik pemindahan lokasi Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda (Hiomi) Sulsel ke XVI. Awalnya digelar di Hotel Four Point Makassar, kemudian dipindahkan ke Gedung Balai Manunggal Mini, Kompleks Kodam TNI.

Pembukaan Musyawarah Daerah XVI BPD HIPMI Sulawesi Selatan yang di laksanakan di Hotel Four Point by Sheraton, Senin, 9 September 2024 yang di buka langsung oleh Ketua Umum BPP HIPMI Akbar Himawan Buchari dan dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar HIPMI Sulsel dan kedua Caketum beserta Tim Sukses.

Ketua Stering Commite (SC) Musda HIPMI Sulsel, Amirul Yamin Ramadhansyah mengatakan, pemindahan tersebut sudah dipersiapkan. Sebelumnya telah dikonsultasikan panitia SC dan OC kepada OKK BPP HIPMI melalui PIC Musda dalam rapat asistensi terakhir pada tanggal 08 September 2024.

Baca Juga : Berhasil Kembangkan Kampus, Prof Melantik Duduki Kursi Rektor Unsa Makassar Keempat Kalinya

Iyul mengatakan, pemindahan lokasi ini menyikapi dinamika Musda yang memanas dan berdasarkan pertimbangan keamanan maupun kenyamanan.

“Pemindahan ini menyikapi dinamika Musda yang memanas dan berdasarkan pertimbangan keamanan maupun kenyamanan, dimana BPC merasa bahwa mereka medapatkan tekanan dan intervensi sehingga mereka meminta SC dan OC agar tempat persidangan harus aman dan steril,” kata Aminul dalam konferensi persnya di Hotel Four Point Makassar pada Selasa (10/09/2024).

“Kemudian hal ini di perkuat dengan pihak Pangdam menghubungi SC dan OC terkait kesediaan tempat penyelenggaraan MUSDA HIPMI Sulsel di pindahkan ke area Mako manunggal,” lanjutnya.

Baca Juga : Aset Perbankan Sulsel Periode Juli Tembus Rp198,09 Triliun

Sementara Ketua Koordinator PIC MUSDA Sulsel dari BPP, Bahtiar Kader membenarkan bahwa SC dan OC sudah mengkonfirmasi dan mengkonsultasikan.

“Iya betul, ketua SC dan OC sudah konfirmasi dan konsultasi ke kami terkait perpindahan lokasi Musda, dan itu memang kewengan SC dan OC Musda HIPMI Sulsel dan kami telah memastikan bahwa keputusan perpindahan tersebut telah melalui mekanisme pengambilan keputusan pada pleno SC dan RBPL BPD HIPMI Sulsel,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ketua OC Yuspratman Yunus, mengatakan, pemindahan tempat persidangan sudah kita umumkan pertama pada acara pembukaan Musda XVI BPD HIPMI Sulsel dihotel Four Point by Sheraton yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar HIPMI Sulsel, kedua calon ketua umum beserta tim sukses, serta tamu undangan.

Baca Juga : OJK Catat Layanan Konsumen di Sulselbar Didominasi Sektor Perbankan

“Diumumkan pemindahan lokasi Musda yang diumumkan oleh MC pada saat pembukaan, kemudian pengumuman ini juga disebarluaskan oleh SC melalui WA kepada semua Ketum-ketum BPC, melalui berbagai saluran komunikasi resmi seperti Instagram @hipmi_sulsel, grup WhatsApp HIPMI, surat email resmi dari Platform HIPMIGO dari SC kepada masing-masing peserta utusan penuh dan peninjau, agar memastikan seluruh pihak yang berkepentingan mendapatkan informasi terkini,” kata Yuspratman Yunus.

#sub head# Musda XVI BPD HIPMI Sulsel di Manunggal Mini

Pelaksanaan pleno Musda di Gedung Balai Manunggal Mini, Kompleks Kodam TNI dimulai pada pukul 15.26 WITA, Senin, 9 September 2024. Dalam pelaksanaannya berjalan mulus tanpa hambatan.

Baca Juga : Kinerja Jasa Keuangan Wilayah Sulampua Tetap Stabil dan Positif

Nur Holis, Ketua dari BPC HIPMI Bone yang mimpin sidang mengatakan, musda dihadiri oleh utusan penuh dan peninjau dari 19 BPC yang telah check-in pada platform E-Organisasi HIPMIGO dari total 21 BPC, serta tamu undangan lainnya serta dihadiri secara resmi oleh PIC BPP HIPMI.

“Seluruh tahapan Musda dilaksanakan sesuai dengan prosedur, terpilih pimpinan sidang tetap antara lain Ketua Nur Holis dari BPC HIPMI Bone, Sekretaris Muhammad Yunus dari BPC HIPMI Takalar, dan anggota Miftahuddin dari BPC Luwu Timur, Amirul Yamin Ramadhansyah dan Dedi Irfan dari perwakilan SC,” ucapnya.

Kemudian dilanjutkan Pleno 2, Ketum BPD HIPM SULSEL Andi Rahmat Manggabarani didampingi jajaran pengurus menyampaikan Laporan PertanggungJawaban selama kepengurusan 1 masa bakti. Dilanjutkan pandangan umum oleh BPC dan diterima oleh 18 BPC yang hadir.

Baca Juga : Kinerja Jasa Keuangan Wilayah Sulampua Tetap Stabil dan Positif

“Pleno 3 pembahasan sidang komisi program kerja dan pokok-pokok pikiran diputuskan ditunjuk tim perumus yang akan menyusun selambat-lambatnya 2 minggu untuk diselesaikan,” ujarnya.

Dilanjutkan pleno 4, diawali dengan laporan pertanggungjawaban SC tentang penetapan bakal calon ketua umum sebagai calon ketua umum, kemudian disahkan 2 calon ketua umum BPD HIPMI Sulsel antara lain Nomor Urut 1 Andi Muhammad Karaka Kilat dan Nomor Urut 2 Andi Amar Ma’ruf Sulaiman.

“Penyampaian Visi Misi calon ketua umum HIPMI Sulsel, namun tidak dihadiri oleh Nomor Urut 1 atas nama Andi Muhammad Karaka Kilat, pihak pimpinan siding dibantu OC, SC maupun PIC BPP HIPMI telah menghubungi yang bersangkutan namun tidak mengindahkan panggilan sebanyak 3 kali,” ujar pimpinan sidang.

Baca Juga : Kinerja Jasa Keuangan Wilayah Sulampua Tetap Stabil dan Positif

Kesepakatan forum kemudian agenda sidang pleno dilanjutkan pemungutan dan perhitungan suara dari total 105 suara (21 BPC) yang telah ditetapkan oleh SC melalui Pleno SC. Dan didasarkan RAKORBID OKK BPD HIPMI Sulsel dengan BPC HIPMI Se Sulsel pada 30 Juli 2024, yang di asistensi oleh PIC OKK BPP.

Dalam pemungutan suara pemilihan ketua umum, dari total 105 suara, 76 suara memilih Andi Amar Sulaiman yang melampaui syarat 50 + 1. Forum Musda kemudian menetapkan Andi Amar Ma’ruf Sulaiman sebagai Ketua Formatur/Ketua Umum BPD HIPMI Sulsel, ditetapkan juga anggota mide formatur antara lain Andi Rahmat Manggabarani dan Andi Muhammad Karaka Kilat.

Musda XVI BPD HIPMI Sulsel diakhiri dengan penutupan yang dilakukan oleh BPP HIPMI yang diwakili oleh Ketua Bidang 12 BPP HIPMI, Aron Sampetoding. Acara ini menandai berakhirnya Musda dengan hasil yang sah dan diterima oleh seluruh peserta. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646