0%
logo header
Sabtu, 17 Agustus 2024 18:34

Peringati HUT RI ke-79, Pj Gubernur Rudy Sufahriadi Minta Dukungan Kerjasama Membangun Papua Selatan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Pj. Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi ketika memimpin upacara peringatan HUT RI ke-79 di Stadion Katalpal Merauke. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Pj. Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi ketika memimpin upacara peringatan HUT RI ke-79 di Stadion Katalpal Merauke. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi menekankan pentingnya kebersamaan dan persaudaraan dalam jalinan silaturahmi kebangsaan yang bernafaskan Bhineka Tunggal Ika dalam membangun Provinsi Papua Selatan yang baru 2 tahun berdiri dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di usia kemerdekaannya ke-77.

Rudy Sufahriadi meminta dukungan kerjasama seluruh komponen masyarakat, warga asli Papua maupun non Papua agar bersama-sama dengan pemerintah Provinsi Papua Selatan menyusun rancangan dan strategi pembangunan daerah lima tahun kedepan.

“Memaknai hari kemerdekaan RI ini, marilah kita bekerja sama membangun bangsa dan daerah kita. Indonesia harus maju dan Papua Selatan juga harus maju. Kita harus tetap bergandengan tangan untuk mengisi kemerdekaan kita, dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang,” kata Rudy Sufahriadi kepada awak media usai memimpin peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 di lapangan Stadion Katalpal, Merauke, Sabtu (17/08/2024).

Baca Juga : KPU Papua Selatan Terima Pendaftaran Cawagub Yusak Yaluwo Pengganti Petrus Safan

“Entah, siapa kita, baik orang Suku Marind, Mappi, Muyu, Mandobo, Asmat dan Auyu (4M2A) maupun warga peguyuban etnis Nusantara yang mendiami tanah Papua Selatan ini. Kita harus selalu kerjasama dan saling mensupport satu sama lain,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka yang hadir pada peringatan HUT RI ke-79 memberikan ucapan ulang tahun dan mengapresiasi  warga Merauke yang selalu menjaga tali persaudaraan dan  kedamaian di tanah Marind, Papua Selatan.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Merauke, saya menyampaikan selamat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 kepada seluruh masyarakat di 179 kampung, 11 kelurahan dan 22 distrik,” ucap Romanus Mbaraka di hadapan awak media.

Baca Juga : Calon Petahana Wajib Cuti Kampanye, Dilarang Gunakan Fasilitas Negara

“Mari kita terus bersatu dalam ikatan hati sesuai slogan Izakod Bekai-Izakod Kai (Satu Hati Satu Tujuan),  membangun Merauke hari ini dan kedepan lebih baik lagi. Kabupaten Merauke yang usianya lebih dari 100 tahun ini harus terus tumbuh,” sambungnya.

Pantauan media ini, upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 di Kota Merauke, Provinsi Papua Selatan berlangsung hikmat dihadiri segenap unsur Forkopimda Provinsi Papua Selatan dan Kabupaten Merauke, yakni Ketua DPRD Merauke, Danlantamal XI, Danlanud J.A Dimara, Kapolres Merauke dan Tim PKK provinsi maupun kabupaten.

Hadir pula di panggung kehormatan pemimpin umat Katolik di Papua Selatan, Uskup Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, Wakil Ketua I MRP Papua Selatan, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda serta seluruh tamu undangan. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646