0%
logo header
Selasa, 07 Juni 2022 12:54

Rampungkan Fasilitas, Dishub Luwu Timur Target Tahun Ini Terminal Tarengge Difungsikan

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur, Abdul Razak Salim.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur, Abdul Razak Salim.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU TIMUR- Dinas Perhubungan (Dishub) Luwu Timur kembali mengalokasikan dana pembangunan Terminal Tarengge yang berloksi di Desa Terengge, Kecamatan Wotu pada tahun ini.

Anggaran Pengalokasian dana pembangunan Terminal Tarengge ini menyedot Anggaran APBD Rp 3,4 Miliar yang akan diperuntukkan pada fasilitas dalam terminal.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Luwu Timur, AR Salim mengatakan, pembangunan fasilitas Terminal Tarengge ini masih dalam Proses Harga Perkiraan Sendiri (HPS) di Inspektorat untuk kemudian dilakukan lelang.

Baca Juga : Tahun Depan, Terminal Tarengge Luwu Timur Dapat Kucuran Dana Rp 5 Miliar Dari Pemprov Sulsel

“Anggaranya Rp 3,4 Miliar, saat ini berkasnya sudah dalam proses review terkait HPS untuk secepatnya dilakukan lelang ,” kata AR Salim, Selasa (7/6/2022).

Lanjutnya, Terminal Tarengge saat ini belum difungsikan secara maksimal oleh Dinas Perhubungan, mengingat fasilitasnya didalamnya belum memadai. Meski begitu, tahun ini kita targetkan secepatnya akan segera difungsikan, dimana tahun ini sudah dianggarkan untuk memenuhi fasilitas dalam terminal.

“Kita upayakan tahun ini, setelah itu tidak ada lagi nanti PO Bus dan angkutan umum yang tidak masuk di Terminal, karna selama ini PO Bus ada di Tomoni , Mangkutana dan Kalena,” katanya

Baca Juga : Dianggarkan 3,5 Miliar, Proyek Pembangunan Terminal Tarengge Capai 75 Persen

Ditambahkan AR.Salim, adapun Fasilitas yang akan dibangun tahun ini untuk memenuhi kebutuhan dalam terminal diantaranya, seperti ruang tunggu, shleter , kios, kantor PO bus, kantin UKM, pembenahan akses masuk terminal dan gerbang.

“Jadi tahun ini disiapkan dana kurang lebih 3,4 miliar, itu diperuntukan untuk melengkapi pasilitasnya seperti ruang tunggu, shleter, kios, kantor PO bus, kantin UKM, gerbang dan tahun Anggaran 2023 nanti juga akan kita bangun res area di belakang terminal untuk tempat istirahat para sopir,” ujarnya.

Menurutnya, Fasilitas ini untuk mencapai apa yang di harapkan demi memudahkan kendaraan transportasi angkutan umum dan Bus yang membongkar muatan.

Baca Juga : Dianggarkan Rp 3,5 Miliar, Progres Proyek Terminal Tarengge Wotu Sudah Capai 40 Persen

Dia juga menjelaskan bahwa fungsi terminal Tarengge itu adalah tempat bongkar muat penumpang khususnya untuk angkutan kota antar provinsi.

“Jadi nanti para penumpang yang hendak turun di Mangkutana akan di turunkan di terminal Tarengge lalu akan dimuat oleh angkutan desa atau ojek agar masyarakat bisa juga mendapatkan penghasilan,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646