0%
logo header
Minggu, 22 September 2024 16:42

Resmi, Empat Paslon Bertarung di Pilgub Papua Selatan 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Ketua KPU Papua Selatan memberikan keterangan Pers. (Foto KPU Papsel)
Ketua KPU Papua Selatan memberikan keterangan Pers. (Foto KPU Papsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan akhirnya resmi menetapkan empat (4) pasangan calon Paslon (Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada Serentak Papua Selatan 2024 dalam rapat pleno yang berlangsung secara tertutup di ruang rapat KPU Papsel di Jl. Raya Mandala Merauke, Minggu (22/09/2024).

Keempat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, antara lain pasangan calon Darius Gebze-Petrus Safan, Apolo Safanpo-Paskalis Imadawa, Romanus Mbaraka -Albertus Muyak dan Nikolaus Kondomo-H Baidin Kurita.

Ketua Papua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan, penetapan Paslon dilakukan secara tertutup dan serentak di seluruh Indonesia sesuai dengan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Hasil rapat pleno tertutup resmi menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang sebagai kontestan Pilkada Serentak 2024.

“Penetapan Paslon setelah kami (KPU) melakukan verifikasi faktual terhadap berkas dan dokumen empat bakal pasangan calon (Bapaslon) . Hasilnya, berkas keempat Paslon lengkap dan memenuhi syarat,” beber Theresia Mahuze dalam Konferensi Pers yang dengan didampingi 4 komisioner dan Sekretaris KPU Papua Selatan.

Setelah penetapan Paslon, lanjut Theresia Mahuze, tahapan Pilkada serentak 2024 dilanjutkan dengan penarikan nomor urut pasangan calon (Paslon) dan deklarasi Pilkada damai.

“Besok tanggal 23 September 2024, kita akan melaksanakan penarikan nomor urut pasangan calon, sekaligus deklarasi Pilkada Damai 2024,” tandasnya. (*) Hendrik Resi

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646