0%
logo header
Jumat, 15 Desember 2023 16:15

Resmikan Barak Brimob di Bade, Pj Gubernur Papua Selatan Santuni Rp1 Miliar

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Antusias anggota Brimob Batalyon D Pelopor Kompi 2 Bade menggotong Pj. Gubernur Apolo Safanpo dan Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar usai peresmian barak. (Foto: Hendrik Resi / Republinews.co.id)
Antusias anggota Brimob Batalyon D Pelopor Kompi 2 Bade menggotong Pj. Gubernur Apolo Safanpo dan Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar usai peresmian barak. (Foto: Hendrik Resi / Republinews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAPPI — Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo meresmikan barak Brimob Kompi 2 Batalyon D Pelopor yang berlokasi di Kelurahan Bade Distrik Edera Kabupaten Mappi Papua Selatan, Kamis (14/11/2023).

Peresmian barak Brimob oleh Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo ini dihadiri Pj. Bupati Mappi Michael Rooney Gomar, Anggota Badan Percepatan Pembangunan (B2P) Papua Selatan Yoseph Yolmen, General Manager PT. PLN Papua-Papua Barat Budiono, Danyon Brimob D Pelopor Merauke Suparmin serta seluruh tamu undangan.

Dalam momen peresmian itu, Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyatakan pemprov siap membantu infrastruktur dan perlengkapan yang menunjang kebutuhan dalam di dalam barak Brimob dan segera memberikan dana senilai Rp1 miliar.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Terima Pendaftaran Cawagub Yusak Yaluwo Pengganti Petrus Safan

“Setelah saya mendapat informasi dari Pj. Bupati Mappi bahwa barak ini telah dibangun tapi di dalamnya masih kosong. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Provinsi Papua Selatan, kami memberikan bantuan kepada Brimob Batalyon D Pelopor Merauke untuk digunakan untuk pengadaan perabot dan infrastruktur di dalam barak sebesar 1 miliar rupiah,” kata Apolo Safanpo.

Apolo juga mengajak Batalyon Brimob Pelopor D Merauke Polda Papua untuk membantu perintah provinsi untuk menyukseskan Pemilu 2024, sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam sistem ketahanan negara RI.

“Gangguan-gangguan kamtibmas dalam sosial budaya masyarakat kita, perlu dicegah dengan sikap saling menghormati dan menghargai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyang bangsa kita. Perbedaan harus disikapi secara damai,” kata Apolo Safanpo dalam sambutan.

Baca Juga : KPU Mappi Tetapkan Zona dan Jadwal Kampanye Pilkada 2024

Apolo Safanpo mengajak seluruh masyarakat Papua Selatan untuk mendukung aparat keamanan dalam tugas memelihara dan menjaga kamtibmas terutama dalam memasuki tahun politik 2024. Keamanan menjadi sebuah kunci pokok dalam perhelatan demokrasi.

“Keamanan juga menjadi tugas kita semua sebagai garda terdepan dalam sistem pertahanan kita. Kita berkewajiban memelihara situasi aman dan kondusif di lingkungan kita, tempat tinggal, tempat kerja dan di manapun kita berada,” pesan Pj. Gubernur.

Sementara itu, Komandan Batalyon D Pelopor Brimob Merauke Kompol Suparmin memberikan apresiasi yanf tinggi kepada Pj. Gubernur Papua Selatan atas atensi dan dukungannya serta hadir meresmikan barak Kompi 2 Bade Brimob Batalyon D Pelopor.

Baca Juga : 5 Paslon Tarik Nomor Urut, Ketua KPU Ingatkan Penyelenggara ‘Tak Bermain Api Pilkada’

“Hari ini merupakan hari membanggakan dan bersejarah dan sangat luar biasa. Selama 35 tahun saya di Brimob, baru kali ini markas komando dikunjungi oleh Bapak Gubernur.  Kebanggaan bagi kami, Bapak Pj. Gubernur bisa hadir dan meresmikan Moko Brimob Kompi 2 di Bade ini.  Kami ucapkan limpah terima kasih,” ucap Kompol Suparmin.

Dia menyebutkan di Papua Selatan saat telah hadir satu batalyon Brimob yang bermarkas di Merauke yakni Batalyon D Pelopor Brimob Polda Papua dengan 4 kompi. Salah satunya ada di Bade Kabupaten Mappi yakni Kompi 2 dan saat ini diresmikan baraknya.

“Sejalan dengan perkembangan Provinsi Papua Selatan, kedepan kami pasti akan menjadi Satuan Brimob dan cikal bakalnya adalah kami yang saat ini berada di Papua Selatan. Tentu Satuan Brimob akan berdekatan dengan Kantor Gubernur dan Polda Papua Selatan nanti.

Baca Juga : KPU Mappi Apresiasi Dukungan Media Massa Atas Kerja-Kerja Penyelenggaraan Pilkada 2024

“Di Kabupaten Mappi direncanakan untuk Batalyon D. Sejalan dengan perencanaan tersebu padti akan ada penambahan personil Brimob. Saat Brimob Kompi 2 Bade sebanyak 90 personil. Kami tetap memperhitungkan sarana dan prasarana. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Pj. Gubernur dan Pj. Bupati Mappi yang telah mensupport kami sehingga kami memiliki barak,” ucap Kompol Suparmin. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646