0%
logo header
Senin, 04 Desember 2023 20:32

Sekda Kukar: Pembangunan Infrastruktur Harus Mengutamakan Kualitas

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Sekda Kukar, Sunggono, saat memberikan bantuan kepada masyarakat di peringatan hari Bhakti Pekerjaan Umum ke 78. (Istimewa)
Sekda Kukar, Sunggono, saat memberikan bantuan kepada masyarakat di peringatan hari Bhakti Pekerjaan Umum ke 78. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Momentum peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-78 menjadi momen penting bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), H. Sunggono, yang menjabat sebagai inspektur upacara di halaman Dinas PU kompleks perkantoran Bupati Kukar pada Senin (04/12/2023).

Acara yang dihadiri oleh asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah, camat, serta Kepala Dinas PU Wiyono dan jajaran mereka.

Dalam orasinya yang mewakili Bupati Edi Damansyah, Sunggono mengingatkan peristiwa heroik tujuh pahlawan Sapta Taruna yang gugur mempertahankan Gedung Sate Bandung dari serangan tentara NICA pada 3 Desember 1945. Peristiwa ini menjadikan tanggal 3 Desember sebagai Hari Bhakti PU berdasarkan keputusan Menteri Koordinator Departemen PU dan Tenaga Kerja tahun 1965.

Baca Juga : Pemkab Kutai Kartanegara Dapat Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi Daerah

Sunggono juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Dinas PU beserta mitra kerja yang telah bekerja keras membangun dan merawat infrastruktur dasar serta konektivitas antar wilayah. Dia menegaskan bahwa kualitas menjadi tantangan utama dalam pembangunan infrastruktur, menjaga kepercayaan publik sebagai prioritas.

“Kerjasama antarpihak diperlukan untuk memastikan pembangunan infrastruktur yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga estetis, ramah lingkungan, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah,” ujar Sunggono.

Sunggono berharap agar Dinas PU mampu mengawal dengan baik seluruh pembangunan infrastruktur di Kukar melalui perencanaan yang matang, bukan sekadar mengejar jumlah proyek dan anggaran. Dia menekankan pentingnya pengawasan ketat dari semua pihak terlibat, termasuk konsultan pengawas, dalam proses pelaksanaan pembangunan.

Baca Juga : Mal Pelayanan Publik di Kutai Kartanegara, Inovasi Terbaru dalam Pelayanan Prima

“Pengawasan ini menentukan kualitas infrastruktur yang kita bangun. Pembangunan infrastruktur adalah bagian dari membangun ‘wajah’ Kukar. Dinas PU memiliki peran besar dalam meningkatkan ‘nilai jual’ daerah,” ungkapnya.

Dalam penutup, Sunggono menyebut banyaknya pembangunan infrastruktur selama tahun 2023, mulai dari gedung, jalan, jembatan, hingga taman dan landmark yang mempercantik Kukar. Namun, ia menegaskan bahwa tujuan utama pembangunan infrastruktur adalah meningkatkan layanan publik yang lebih baik dan berkualitas.

“Pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antar wilayah harus jadi prioritas untuk menggerakkan sentra-sentra ekonomi baru di Kukar,” tegasnya.

Baca Juga : Potensi Pariwisata Kutai Kartanegara, Kolaborasi Pemerintah dengan Pokdarwis

Dia juga mengajak jajaran Dinas PU untuk terus meningkatkan nilai-nilai kekompakan, disiplin, pengabdian, konsistensi, dan sportivitas dalam bekerja. Sunggono menegaskan bahwa sebagai ASN, mereka harus mengedepankan moralitas agar pemerintahan Kukar dipercaya oleh publik.

Acara Hari Bhakti PU juga merangkai penyerahan kenang-kenangan kepada ASN Dinas PU yang pensiun pada tahun 2023 dan pembukaan bazar yang berlangsung selama dua hari. (ADV/Prokom Kukar)

Penulis : Budi Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646