0%
logo header
Kamis, 25 April 2024 12:48

Semenisasi Jalan Poros di Kota Bangun Darat Kukar Jadi Prioritas Utama

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Camat Kota Bangun Darat, Julkifli. (Dok. Kontributor)
Camat Kota Bangun Darat, Julkifli. (Dok. Kontributor)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Tahun lalu Kecamatan Kota Bangun Darat, baru dimekarkan secara definitif. Kendati demikian daerah ini terus bergerak maju dalam urusan pembangunan. Salah satu adalah semenisasi akses jalan poros yang menghubungkan ke kantor kecamatan, yang akan dimulai pada 2024 dengan anggaran sekitar Rp46 miliar.

Berdasarkan informasi dari Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, proyek ini akan membantu meningkatkan aksesibilitas masyarakat ke kantor kecamatan.

“Akan terealisasi semenisasi jalan ini tahun ini, secara penuh. Sehingga masyarakat di Kota Bangun I, II, dan III akan lebih mudah mengaksesnya,” terangnya pada Kamis (25/04/2024).

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Proses lelang telah selesai, dan pemerintah kecamatan telah menerima informasi bahwa kontraktor yang akan melaksanakan proyek semenisasi telah ditentukan. Pengerjaan semenisasi ini juga akan berbarengan dengan pembangunan Kantor Camat Kota Bangun Darat, yang akan dibangun di lahan seluas 2,75 hektare dengan alokasi anggaran sebesar Rp17 miliar.

Julkifli berharap agar pembangunan jalan dan kantor camat berjalan lancar tanpa hambatan. Selain semenisasi jalan, ada dua jembatan yang akan memudahkan akses menuju Desa Kedang Ipil. Bidang Bina Marga, Dinas PU Kukar akan memulai pembangunan jembatan pertama dengan bentang sekitar 30 meter.

Bidang Bina Marga, Dinas PU Kukar akan memulai pembangunan jembatan pertama dengan bentang sekitar 30 meter.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Keberadaan jembatan ini sangat penting untuk memastikan kelancaran pengangkutan material ke Kedang Ipil. Tanpa jembatan ini, pembangunan jalan sepanjang 1,9 kilometer antara dua jembatan belum dapat dilakukan.

Dengan proyek semenisasi jalan dan pembangunan kantor yang berjalan bersamaan, Kecamatan Kota Bangun Darat semakin siap menghadapi masa depan yang lebih baik. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646