0%
logo header
Minggu, 08 September 2024 01:35

Semua Bapaslon Pilkada di Papua Selatan Dinyatakan Sehat Jasmani dan Rohani

Rizal
Editor : Rizal
Komisioner Divisi Teknis KPU Papua Selatan, Helda Richarda Ambay didampingi komisioner divisi teknis 4 kabupaten menerima hasil pemeriksaan kesehatan paslon dari RSUD Merauke. (Foto: Humas KPU Papsel)
Komisioner Divisi Teknis KPU Papua Selatan, Helda Richarda Ambay didampingi komisioner divisi teknis 4 kabupaten menerima hasil pemeriksaan kesehatan paslon dari RSUD Merauke. (Foto: Humas KPU Papsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Seluruh bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada 2024 di Provinsi Papua Selatan yang berjumlah 19 pasang dinyatakan sehat jasmani dan rohani. Hal itu diputuskan setelah mereka mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di RSUD Merauke, 29 Agustus-4 September lalu.

Sembilan belas bakal pasangan calon tersebut adalah empat pasangan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan yakni Apolo Safanpo-Paskalis Imadawa, Darius Gebze-Petrus Safan, Romanus Mbaraka-Albertus Muyak, serta Nikolaus Kondomo-Baidin Kurita.

Selanjutnya, empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Merauke, yakni Kristian David Tarigan Gebze dan Kusmanto, Hendrikus Mahuse dan Haji Riduwan, Yoseph Bladid Gede dan Fauzan Nihayah, serta Martinus Guntur Ohoiwutun dan Prayogo.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

Lima bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mappi yakni Emanuel BG Bahagia dan Jaya Ibnu Su’ud, Kristosimus Yohanes Agawemu dan Sanusi, Stefanus Kaisma dan Adnan Satriyono, Benediktus Amoiye dan Benediktus Tori Paliling, serta Berekmas Reynoldus Bapaimu dan Muhammad Agus Salim.

Kemudian, empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel yakni Petrus Ricolombus Omba dan Marlinus, Yakob Weremba dan Suharto, Athanasius Koknak dan H Basri Muhammadiah, Hengky Yaluwo dan Melkior Okaibob.

Terakhir,  dua bakal pasangan Bupati dan Wakil Bupati Asmat yakni Thomas Eppe Safanpo dan Yoel Manggaprou, Bonifasius Jakfu dan Abdul Ganing.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

Komisioner KPU Papua Selatan, Divisi Teknis, Helda Ambai mengatakan, pemeriksaan kesehatan menjadi bagian penting dalam tahapan Pilkada dan menjadi salah satu persyaratan administrasi yang harus dipenuhi masing-masing individu dan pasangannya yang berkontestasi.

Seluruh bakal pasangan calon harus sehat jasmani dan rohani untuk ditetapkan sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Untuk 19 bakal pasangan calon, semuanya dinyatakan sehat baik jasmani maupun rohani, sebagaimana hasil pemeriksaan pihak RSUD Merauke. Selanjutnya KPU menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan ke LO paslon bersamaan pemberitahuan hasil penelitian administrasi calon,” kata Helda Ambai.

Baca Juga : Tokoh Perempuan dan Lintas Komunitas di Pallangga Nyatakan Dukungan ke HT-DM

Dia menambahkan, di masa perbaikan yang berlangsung tiga hari, bakal pasangan calon diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Setelah itu KPU akan melakukan penetapan bakal calon pada 22 September 2024 dan akan melakukan pengundian nomor urut calon pada 23 September 2024.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Merauke, dr Maryeke Kulang mengatakan, seluruh bakal calon kepala daerah maupun wakilnya telah menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sesuai jadwal yang diberikan.

“Sebelum diserahkan ke KPU, terlebih dulu dilakukan pleno tim kesehatan. Hasilnya, 19 paslon mampu secara jasmani dan rohani dan tidak terindikasi penggunaan narkoba,” terang Mareyke Kulang.

Baca Juga : Semua Lebih Mudah, Kalla Toyota Tawarkan 14 Kemudahan Bagi Pelanggan

“Kami menyampaikan apresiasi kepada KPU Papua Selatan dan 4 KPU kabupaten yang telah mempercayakan RSUD Merauke menjadi pusat pemeriksaan kesehatan para bakal pasangan calon yang akan mengikuti kontestasi Pilkada serentak tahun ini,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646