0%
logo header
Rabu, 11 Oktober 2023 20:02

Siapkan 1.887 BTS, Indosat Berkomitmen Perkuat Jaringan di Sulsel

Chaerani
Editor : Chaerani
VP Head of Regional Tech Kalisumapa IM3 Irvan Kurniawan (tengah) bersama SVP Head of Region Kalimantan Sumapa IM3 Prio Sasongko, dan VP Head of Brand Communication IM3 Emyranti Purnama di sela-sela Media Update Collabonation Tour IM3, di Kota Parepare, kemarin. (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
VP Head of Regional Tech Kalisumapa IM3 Irvan Kurniawan (tengah) bersama SVP Head of Region Kalimantan Sumapa IM3 Prio Sasongko, dan VP Head of Brand Communication IM3 Emyranti Purnama di sela-sela Media Update Collabonation Tour IM3, di Kota Parepare, kemarin. (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah membangun 1.887 Base Transceiver Station (BTS) 4G di wilayah Sulawesi Selatan untuk memperkuat kualitas jaringan, khususnya pada jaringan IM3. Hal ini tentunya sebagai komitmen agar aktivitas berselancar pelanggan di internet dapat selalu lancar dan maksimal.

VP Head of Regional Tech Kalisumapa IM3 Irvan Kurniawan mengatakan, kondisi jaringan yang ada di Sulsel saat ini dipastikan telah ter-coverage dengan maksimal melalui perluasan jumlah BTS yang telah dibangun di beberapa daerah di Sulsel. Bahkan sepanjang 2023, IOH akan membangun 881 site BTS.

“Saat ini, BTS di Sulsel telah mencapai 1.887 site. Jumlahnya tumbuh 87 persen jika dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya 1.006 site BTS,” katanya, kemarin.

Baca Juga : Pasangan Ideal, Jaringan Kesehatan Makassar Solid Dukung Appi-Aliyah

Menurutnya, pertumbuhan site BTS di Sulsel turut meningkatkan kapasitas data pelanggan sebesar 319 persen dan memperluas coverage area sebesar 90 persen. Upaya peningkatan jaringan dan kapasitas data ini pun diharapkan bisa memperlancar internet bagi pengguna Indosat di Sulsel.

Selain kapasitas dan coverage, kata Irvan, dari sisi teknologi pihaknya juga terus melakukan pengembangan dengan berbagai program. Termasuk berkomitmen untuk meningkatkan customer experience di Sulsel.

“Saat ini kami sedang melakukan program untuk mengkonsolidasikan perangkat yang bisa meningkatkan experience bagi pelanggan. Tujuannya agar mereka bisa terus berselencar atau berinternet dengan lebih bagus lagi. Baik dengan Youtube, Instagram, Facebook dan lainnya yang bisa lebih cepat dan secara visual lebih jernih,” harap Irvan.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

Sementara, VP Head of Region Kalimantan Sumapa IM3 Prio Sasongko mengungkapkan, hingga akhir 2023 pihaknya akan melakukan penambahan pembangunan site BTS sekitar 280 site di wilayah Sulawesi. Hal ini dilakukan untuk mendorong pencapaian target coverage jaringan di tahun depan sekitar 90 persen.

“Kita akan terus melakukan progres bagaimana agar perluasan coverage kita bisa mencapai 100 persen. Apalagi memang saat ini kita masih ada target untuk memprioritaskan perluasan jaringan di wilayah Sulawesi Tengah,” katanya.

Selanjutnya, pada kapasitas jaringan 5G di Sulsel, saat ini telah beroperasi 11 site BTS di Kota Makassar. Infrastruktur jaringan yang dibangun ini untuk menjangkau aktivitas telekomunikasi dan internet di beberapa titik vital. Mulai dari area Bandara Sultan Hasanuddin, sejumlah pusat mall di Makassar, perkantoran, dan perdagangan.

Baca Juga : Srikandi PLN Hadir Beri Dukungan TJSL Hingga UMKM di Kota Makassar

“Sementara untuk jaringan 5G saat ini baru ada di Makassar saja sebab masih showcase. Karena memang kita masih mengkaji dan mereview unutk perkembangan selanjutnya,” tutup Prio.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646