0%
logo header
Kamis, 05 Mei 2022 10:20

Sudah Tangkap Pelaku, Polisi Bantah Video Viral Diduga Aksi Perampokan di Jakarta Barat

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Tangkapan layar video viral perampokan di Jakarta Barat. (Dok. Republiknews.co.id)
Tangkapan layar video viral perampokan di Jakarta Barat. (Dok. Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Beredar video viral di media sosial yang diduga adalah tindak perampokan. Dalam video tampak seorang pengendara sepeda motor memepet pengendara mobil di daerah puri kembangan Jakarta Barat dan terjadi cekcok diantara mereka.

Video berdurasi 27 detik tersebut beredar melalui jejaring sosial media group WhatsApp dan instagram salah satunya di @jktnewss dangan keterangan;

“Hati2 guys, baru terjadi sekitar 20 menit yang lalu istri hampir kena rampok, di Seputar Mall Puri Indah – Kembangan, Jakarta Barat.. dengan Modus langsung mencegat di depan mobil dan mengancam , ini sosok manusianya , mohon di sebar , supaya tdk terjadi kepada teman2, kerabat2, atau saudara2 kita semua, hati2 dan tetap WASPADA,” tulis keterangan pada video yang beredar viral tersebut.

Baca Juga : Miliki Teknologi Vapor Chamber, Galaxy Z Flip6 Kian Nyaman untuk Ngonten

Saat di konfirmasi Kapolsek Kembangan Polres Metro Jakarta Barat Kompol Binsar H Sianturi mengatakan telah menelusuri kebenaran video tersebut.

Dalam hasil penelusurannya, polisi mengamankan pelaku dalam video yang memepet mobil pengendara lain di jalan.

Namun, polisi membantah bahwa kajadian tersebut bukanlah upaya perampokan melainkan hanya kesalahpahaman yang berujung konflik antara pengendara pengguna jalan.

Baca Juga : Indosat Komitmen Jaga Konektivitas Jaringan Pada Perayaan HUT RI di IKN

“Pelaku sudah kami amankan, dan bukan kasus perampokan, sekali lagi saya tegaskan ini bukan kasus perampokan hanya kesalah pahaman saja antara pengendara motor dan mobil,” ujar Binsar saat dikonfirmasi, Rabu (04/05/2022).

Binsar menerangkan kejadian tersebut terjadi pada Senin, (02/05/2022) sekira pukul 04.15 WIB di sekitar kawasan CNI puri kembangan Jakarta Barat.

Pengendara mobil yang diketahui bernama SR (50) warga salah satu perumahan di wilayah kembangan Jakarta Barat saat mengendarai mobil miliknya disekitar kawasan CNI puri kembangan Jakarta Barat tiba tiba dipepet oleh pengendara sepeda motor dan terjadi cekcok.

Baca Juga : Menuju Kedaulatan Indonesia Berbasis AI, IOH Bermitra dengan AionOS

Lantaran merasa kesal oleh pelaku kemudian Suami SR membuat narasi dan memposting di media sosial lalu menyebarkan melalui group WhatsApp tentang perihal adanya percobaan perampokan.

“Pelaku sudah diamankan berinisial MS (46) warga jl H Sa’ba Ujung Meruya Selatan Kembang Jakarta Barat,” ucap Binsar.

Adapun pemicu dari cekcok tersebut yang MS akui saat diinterogasi polisi karena dirinya merasa kesal.

Baca Juga : KPPU Dorong Grup Pertamina Awasi Kepatuhan Persaingan Usaha di Sektor Minyak dan Gas

“Kesal karena saat dirinya sedang nongkrong di foto foto oleh salah satu penumpang yang berada didalam mobil oleh karena itu dirinya mengejar mobil tersebut,” terangnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Kanit Reskrim Polsek Kembangan AKP Reno Apri Dwijayanto menjelaskan setelah melakukan penangkapan, pelaku dimediasi dengan korban.

“Kami (polsek kembangan) menerapkan program bapak kapolres metro jakarta barat Kombes Pol Ady Wibowo yaitu “kopi Restorative Justice,” katanya.

Baca Juga : KPPU Dorong Grup Pertamina Awasi Kepatuhan Persaingan Usaha di Sektor Minyak dan Gas

Setelah dilakukan pertemuan terjadi kesepakatan antara korban sebagai pelapor dengan pelaku (terlapor) untuk tidak melanjutkan perkara tersebut ke rana hukum.

“Kedua nya sudah sepakat damai dan tidak mempermasalahkan permasalahan tersebut,” lanjut Reno.

Reno menerangkan pihak pelapor sudah membuat surat pernyataan tidak akan melanjutkan perkara ini dan tidak menuntut pihak terlapor baik pidana maupun perdata dan pihak terlapor sudah membuat surat pernyataan yang isinya tidak akan mengulangi perbuatannya.

Baca Juga : KPPU Dorong Grup Pertamina Awasi Kepatuhan Persaingan Usaha di Sektor Minyak dan Gas

Selain itu, Reno menghimbau kepada masyarakat untuk bijaksana dalam bermedia sosial jika adanya informasi yang belum pasti akan kebenarannya agar segera melaporkan ke kantor kepolisian terdekat.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646