0%
logo header
Kamis, 04 April 2024 14:10

Takbir Keliling di Kukar Jadi Agenda Rutin Lestarikan Budaya Religi

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono. (Istimewa)
Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono menandatangani Surat Resmi dari Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar bernomor B-12/KESRA/000/04/2024, terkait Lomba Takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah. Ya, Pemkab Kukar memang sudah sepakat untuk kembali menggelar tradisi tahunan Takbir Keliling untuk memeriahkan malam Idulfitri 1445 Hijriah. Kegiatan ini digelar berkat kerjasama antara Pemkab Kukar dan Sempekat Keroan Kutai.

Dalam surat resminya, Sunggono mengungkapkan bahwa kegiatan Takbir Keliling ini akan berlangsung pada Selasa, 9 April 2024, dimulai pukul 20.00 WITA, setelah pelaksanaan Salat Isya.

“Start di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,” kata Sunggono pada Kamis (4/4/2024).

Pendaftaran lomba Takbir Keliling akan dimulai sejak 3-6 April 2024, di Sekretariat Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong.

Pemkab Kukar telah menetapkan rute takbiran keliling, yakni dimulai dari depan Kedaton Kutai Kartanegara-Jalan Mulawarman-Jalan Patimura-Jalan AM Sangaji-Jalan Pateh Kota-Jalan Kramajaya-Jalan Mangkurawang-Jalan AM Sangaji-Jalan Diponegoro-Jalan Jendral Sudirman-Jalan Achmad Muksin-Jalan Wolter Monginsidi. Kemudian kembali lagi ke arah Jalan Achmad Muksin-Jalan Jendral Sudirman-Jalan S Parman dan selesai kembali di depan Kedaton Kutai Kartanegara.

Selama pelaksanaan, akan dilakukan penutupan dan rekayasa lalulintas. Yakni penutupan jalan di depan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar dan sepanjang jalan Jalan Jendral Sudirman-Jalan Achmad Muksin-Jalan Wolter Monginsidi. Dan dialihkan ke arah Jalan Pesut, Kelurahan Timbau, Tenggarong.

Para peserta wajib menggunakan pakaian muslim dan diutamakan mengunakan pakaian adat Kutai. Tidak diperkenankan untuk menggunakan sepeda motor dan menggunakan musik takbir yang beraliran house music atau koplo dan menggunakan musik takbiran yang orisinil.

Total hadiah senilai Rp 10 juta telah disiapkan untuk para pemenang lomba Takbir Keliling ini. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 10 April 2024, saat rangkaian Salat Ied Idulfitri 1445 Hijriah. Ayo daftarkan diri Anda segera dan jadilah bagian dari meriahnya malam Idulfitri di Kukar! (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646