0%
logo header
Senin, 18 Maret 2024 12:25

Tangan Dingin Bupati Edi Berhasil Dongkrak Pertanian Kukar

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sektor pertanian di Kukar bisa maksimal berkembang. (Istimewa)
Sektor pertanian di Kukar bisa maksimal berkembang. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah terus menunjukkan dedikasinya yang tak tergoyahkan di sektor pertanian di tengah gemuruh tantangan yang dihadapi para petani. Sejak awal masa jabatannya, Edi telah mengambil langkah konkret untuk memajukan sektor pertanian, yang merupakan nadi perekonomian daerah.

Program Dedikasi yang diluncurkan Bupati Edi bukan hanya janji manis semata. Ini adalah bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung para petani.

“Kita harus memastikan bahwa pertanian di Kutai Kartanegara tidak hanya bertahan, tapi juga berkembang,” kata Edi pada Senin (18/3/2024), menegaskan visinya untuk pertanian Kukar.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Bupati Edi percaya bahwa pertanian adalah jantung dari Kutai Kartanegara, tidak pernah ragu untuk turun langsung ke lapangan. Ia mendengarkan keluhan petani dan mencari solusi atas tantangan yang mereka hadapi.

“Hasilnya, sektor pertanian di Kukar mengalami kemajuan signifikan,” tegasnya.

Data BPS Kaltim menunjukkan bahwa pada tahun 2023, Kukar menyumbang 46,80 persen dari luas panen padi sawah di Kalimantan Timur, dengan produksi padi mencapai 106.411,09 ton. Ini merupakan 49,42 persen dari total produksi di provinsi tersebut. Angka-angka ini lebih dari sekadar statistik.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Mereka adalah cerminan dari kerja keras dan dedikasi yang tak kenal lelah,” tegasnya.

Pertumbuhan PDRB dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pun menunjukkan peningkatan yang menggembirakan. Dari hanya 1,02 persen pada 2021, angka ini melonjak menjadi 2,91 persen pada 2023. Distribusi PDRB sektor ini juga meningkat menjadi 13,12 persen pada 2023, menandai kemajuan yang signifikan setelah sektor pertambangan dan penggalian.

Dampak positif dari kemajuan sektor pertanian terasa di seluruh Kukar. Laju pertumbuhan ekonomi yang membaik, dari hanya 2,67 persen pada 2021 menjadi 5,13 persen pada 2023, adalah salah satu indikatornya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Tingkat kemiskinan dan pengangguran juga menunjukkan penurunan yang berarti, mencerminkan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Edi Damansyah menerangkan, dengan semangat yang tak pernah padam, terus berdedikasi untuk mewujudkan visi besarnya. Visi untuk menjadikan masyarakat Kutai Kartanegara sejahtera dan berbahagia, dengan pertanian sebagai salah satu pilar utama.

“Perjalanan transformasi ekonomi di Kukar masih panjang, namun kapal komunitas petani Kukar siap mengarungi badai demi mencapai pelabuhan yang aman dan makmur,” tegasnya menutup perbincangan. (ADV/Kominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646