0%
logo header
Senin, 23 September 2024 10:27

Terbanyak di Papua Selatan, KPU Mappi Tetapkan 5 Paslon untuk Pilkada 2024

Rizal
Editor : Rizal
Suasana konferensi pers KPU Mappi yang dipimpin oleh Ketua KPU Mappi, Yati Enoch. (Foto: Hendrik/republiknews.co.id)
Suasana konferensi pers KPU Mappi yang dipimpin oleh Ketua KPU Mappi, Yati Enoch. (Foto: Hendrik/republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi akhirnya menetapkan lima pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang bertarung di kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Mappi 2024 dalam rapat pleno tertutup yang berlangsung di ruang rapat KPU Mappi, Minggu (22/9/2024).

Rapat pleno penetapan Paslon dipimpin Ketua KPU Mappi, Yati Enoch didampingi Komisioner KPU Mappi Divisi Teknis Penyelenggara, Irwan Awaludin, Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Syaifulloh dan Sekretaris KPU Kabupaten Mappi, Nehemia Jitmau, serta anggota Bawaslu Mappi, Paskalis Naguru.

Kelima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mappi itu adalah pasangan Emanuel BD Basagai-Jaya Ibnu Su’ud, Kristosimus Yohanes Agawemu-Sanusi, Stefanus Kaisma-Adnan Satriyono, Benediktus Amoiye-Benediktus Tori Paliling dan pasangan Berkemas Reynoldus Bapaimu-Muhsmmad Agus Salim.

Baca Juga : Turut Serta dalam Expo UMKM Selayar, Rumah BUMN PLN Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah

Ketua KPU Mappi, Yati Enoch menjelaskan, penetapan Paslon dilakukan secara tertutup sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tertera pada pasal 120 ayat (1).

“Kami (KPU) telah melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap berkas dan dokumen lima bakal pasangan calon (Bapaslon). Hasil verifikasi dokumen keempat Bapaslon lengkap dan memenuhi syarat, sehingga hari ini kami tetapkan sebagai pasangan calon yang siap bertarung,” jelas Yati Enoch.

Setelah penetapan Paslon, lanjutnya, tahapan Pilkada serentak 2024 dilanjutkan dengan penarikan nomor urut lima pasangan calon (Paslon) dan deklarasi Pilkada damai yang berlangsung di halaman Kantor KPU Mappi.

Baca Juga : Makna Nomor Urut 2 Bagi Paslon Hati Damai di Pilkada Gowa 2024

“Pada Senin tanggal 23 September 2024 ini kita akan melaksanakan satu tahapan penting yakni penarikan nomor urut bagi lima pasangan calon.  Setelah itu, kelima Paslon bersama kami melaksanakan  deklarasi kampanye damai yang dimulai pada pukul 15.00 WIT di halaman kantor KPU Mappi,” tandasnya.

“Kami membatasi jumlah massa, di mana kami memberikan 15 seat untuk setiap Paslon. Kami juga mengimbau kepada semua Paslon untuk tidak melakukan arak-arakan massa dari tempat masing-masing Paslon ke kantor KPU,” kata Yati Enoch.

Ia menambahkan, kampanye politik pasangan calon dimulai tanggal 25 September 2024. Sementara, jadwal untuk masing-masing pasangan calon masih menunggu petunjuk teknis terkait zonasi pemasangan atribut atau alat peraga kampanye (APK) dari KPU RI dan KPU Provinsi Papua Selatan.

Baca Juga : KPU Sulsel Tetapkan DPT Pilkada Serentak 2024 Sebanyak 6.680.807 Pemilih

“Kami juga telah melakukan rakor terkait pembukaan rekening khusus dana kampanye (RKDK), di mana kelima calon telah menyampaikan kepada kami. Dan ini menjadi kewajiban dimana mereka menyampaikan LADK, LPSDK dan LPPDK. Kami menunggu laporan dari LO/admin Paslon,” bebernya.

“Mari kita sukseskan Pilkada Mappi, agar berjalan aman, damai dan lancar berdasarkan koridor hukum, sehingga bisa melahirkan pemimpin yang amanah, mampu menjalankan roda pemerintahan sesuai visi-misinya. Kami akan lakukan Live streaming penarikan nomor urut dan deklarasi damai sehingga masyarakat tidak hadir dik KPU tidak ketinggalan momen,” ajaknya.

Perlu diketahui, KPU Kabupaten Mappi merupakan salah satu dari empat Komisi Pemilihan Umum di wilayah Provinsi Papua Selatan dengan pasangan calon terbanyak yang ditetapkan untuk bertarung di Pilkada serentak 2024 yakni lima pasangan calon.

Baca Juga : 5 Paslon Tarik Nomor Urut, Ketua KPU Ingatkan Penyelenggara ‘Tak Bermain Api Pilkada’

Kabupaten Mappi juga menduduki urutan kedua di Papua Selatan dalam jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024 yakni 82.154 jiwa. Hal itu lebih meningkat dari DPT Pileg 2024 lalu yang berjumlah 80.440 jiwa, berkat kerja-kerja penyelenggara yang gigih dalam setiap tahapan Pilkada 2024. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646