0%
logo header
Kamis, 04 April 2024 22:05

Tingkatkan Kapasitas Jaringan di Momen IdulFitri, Indosat Tambah 2.145 Sites Baru dan 38 MBTS

Chaerani
Editor : Chaerani
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Sebagai upaya dalam mewujudkan optimalisasi jaringan di momentum IdulFitri 2024. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melakukan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS).

Penambahan jaringan ini sebagai upaya mengantisipasi kepadatan lalu lintas data yang dipredeksikan terjadi pada puncak momentum Lebaran. Penambahan ini juga didukung oleh jaringan fiber optik yang didukung sepanjang lebih dari 51 ribu kilometer (Km) dan lebih dari 224 ribu Km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, demi menjaga kualitas layanan di perayaan hari kemenangan seperti IdulFitri pihaknya mendorong kualitas jaringan yang prima. Tak hanya itu, jaringan Indosat yang telah terintegrasi juga didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari sisi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.

Baca Juga : Inovasi Sahabat Lapor Gowa Berhasil Tingkatkan Aduan Masyarakat

“Kami berkomitmen memberikan jaminan kelancaran konektivitas bagi pelanggan saat merakan Lebaran nanti,” katanya dalam keterangannya, kemarin.

Selain itu, dalam mewujudkan kualitas jaringan andal, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita.

Untuk wilayah Kalimantan, Indosat melakukan optimalisasi jaringan diantaranya di jalur tol Samarinda – Balikpapan serta jalur non tol Banjarmasin – Martapura dan Pontianak – Singkawang. Sedangkan di wilayah Sulawesi, optimalisasi jaringan diimplementasikan diantaranya di jalur tol Bandara Hasanuddin – Makassar dan Manado – Bitung serta jalur non tol Bandara Hasanuddin – Maros dan Makassar – Parepare.

Baca Juga : Satgas PASTI, Upaya Kolaborasi OJK Perkuat Pelindungan Konsumen

Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 531 titik dan 64 jalur prioritas seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.

Vikram menyebutkan, mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diproyeksikan akan turut meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang 2024.

Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Di wilayah Circle Kalimantan Sulawesi Maluku dan Papua (Kalisumapa) diperkirakan terjadi peningkatan trafik data hingga 12 persen dengan lonjakan tertinggi berada di area Banjarmasin, Sampit, Sintang, Gowa, Pare-Pare dan Palu.

Baca Juga : OJK Sulselbar Perkenalkan Lebih Dekat Layanan Pengaduan 157 ke Jurnalis

Lonjakan trafik data tersebut didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat. Mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online seperti Mobile Legends, FreeFire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.

“Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data tersebut, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian,” jelasnya.

Kesigapan lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan serta tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan pelanggan dapat berkomunikasi dengan tenang di manapun dan kapan pun. Tidak hanya itu, Indosat juga memastikan kesiapan tim dengan mengaktifkan Command Center 24/7 sejak 7 hingga 13 April 2024, serta Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.

Baca Juga : Dana Masyarakat Sulsel di Perbankan Tumbuh Tinggi, Tembus Rp135,78 Triliun

Persiapan ini menegaskan komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Indosat senantiasa mengapresiasi pelanggan yang memberikan masukan dan saran untuk peningkatan layanannya. Indosat juga telah menyiapkan berbagai saluran untuk mengantisipasi kendala dan tanggap terhadap masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran, mulai dari website, WhatsApp resmi, akun media sosial, hingga call center 24/7.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646