0%
logo header
Minggu, 02 Juni 2024 13:38

Tingkatkan Penanganan Sampah, Kembang Janggut Bangun TPA

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
TPA Desa Hambau, Kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara. (Istimewa)
TPA Desa Hambau, Kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Kecamatan Kembang Janggut, Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah proaktif untuk mencegah terjadinya krisis sampah. Hal ini ditandai dengan rencana pembangunan dua Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) baru.

Camat Kembang Janggut, Halim, menjelaskan bahwa peningkatan volume sampah menjadi tantangan tersendiri bagi wilayahnya. Pembangunan TPA baru dinilai sebagai solusi jangka panjang yang efektif.

“Sejak dari sekarang harus direncanakan agar bisa terealisasi. Sehingga ke depannya kita tidak kewalahan kalau sampah semakin banyak dan menumpuk tanpa bisa terkelola dengan baik,” kata Halim, Minggu (02/06/2024).

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Pemerintah Kecamatan Kembang Janggut telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar terkait rencana pembangunan ini. Dua lokasi yang disiapkan sebagai calon TPA berada di Desa Kembang Janggut dan Desa Hambau.

“Sementara ini ada dua lokasi yang kita rencanakan dibangun TPA. Semoga bisa segera terealisasi,” ujarnya.

Saat ini, kedua lokasi tersebut masih dalam tahap kajian DLHK Kukar. Diharapkan kajian tersebut dapat segera rampung sehingga pembangunan TPA bisa dilaksanakan.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Keberadaan TPA baru diharapkan dapat mendorong pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan di Kecamatan Kembang Janggut. Selain itu, hal ini juga akan berkontribusi pada peningkatan kualitas kesehatan dan kebersihan lingkungan hidup masyarakat. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646