0%
logo header
Kamis, 12 September 2024 12:51

Upaya Pendidikan Pemilih Pemula, KPU Sulsel Gelar Debat Pilkada Antar Pelajar se Sulsel

Rizal
Editor : Rizal
KPU Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Pelajar Antar Pelajar Se-Sulawesi Selatan Tahun 2024. (Foto: Istimewa)
KPU Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Pelajar Antar Pelajar Se-Sulawesi Selatan Tahun 2024. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Pelajar Antar Pelajar Se-Sulawesi Selatan Tahun 2024.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin. Para peserta yang sebelumnya telah berkompetisi di tingkat kabupaten/kota dan berhasil menjurai Debat Pilkada Antar Pelajar berhak mengikuti kompetisi Debat Pelajar Pilkada Tahun 2024 di tingkat Provinsi Sulsel.

Total 96 peserta dan guru pendamping yang berasal dari 24 tim perwakilan sekolah tampil di kompetisi tingkat provinsi. Kegiatan tersebut digelar di Mahoni Hall Claro Hotel, Makassar, pada 9-11 September 2024.

Baca Juga : NasDem Tunjuk Cicu Jadi Ketua DPRD Sulsel, Muhammad Sadar Ketua Fraksi

Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas KPU Pronvisi Sulawesi Selatan, Hasruddin Husain menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pendidikan pemilih pemula khususnya Gen Z yang memiliki persentase tertinggi pada pilkada serentak 2024 nanti.

“Kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 menuju pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang akan digelar pada 27 November mendatang,” kata Hasruddin.

Menurutnya, debat ini juga merupakan ajang pertukaran ide dan gagasan guna melahirkan sebuah solusi yang dapat diimplementasikan dalam mewujudkan Pilkada yang demokratis.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Terima Rekomendasi MRPS Perihal Keaslian OAP 4 Bapaslon

Pada ajang ini, SMA Negeri 1 Bone yang mewakili Kabupaten Bone berhasil meraih juara pertama mengalahkan SMA Negeri 17 Makassar yang meraih juara kedua. Sedangkan juara 3 diraih oleh SMA Negeri 7 Pinrang dan juara 4 berhasil diraih oleh SMA Negeri 12 Luwu.

Adapun pembicara terbaik atas nama Surya Saputra (Pinrang) dan Zakiah Izzati (Makassar) yang dinobatkan sebagai Duta Pilkada Putra/i KPU Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646