0%
logo header
Minggu, 13 Agustus 2023 00:04

Vinsen Tala: Expo Pendidikan 2023 Matim Dijiwai Konsep Merdeka Belajar

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Vinsen Tala: Expo Pendidikan 2023 Matim Dijiwai Konsep Merdeka Belajar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MANGGARAI TIMUR — Dalam rangka HUT RI ke-78, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Expo Pendidikan 2023, yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak tanggal 10-12 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan sepak bola Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kamis (10/08/2023).

“Kegiatan Expo pendidikan 2023 dijiwai Konsep Merdeka Belajar. Kegiatan ini menyajikan  ragam dan bakat keterampilan siswa/i. Selain itu, kegiatan ini juga menyajikan berbagai perlombaan dari tingkat SD hingga SMP dengan tajuk “Ekspresikan Aksimu”.

Baca Juga : Dua Anggota DPRD Matim Wujudkan Aspirasi SMPN 18 Borong

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur, Winsensius Tala sekaligus sebagai ketua panitia pelaksana Expo Pendidikan 2023, Sabtu (12/08/2023).

Ia menjelaskan, sejak awal dicanangkan kurikulum merdeka, pemerintah melalui kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan TeknologI sangat optimis akan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran, terbentuknya karakter siswa yang mandiri, dan pengurangan kesenjangan dalam pendidikan.

Dikatakannya, kurikulum yang terbentuk dengan dilatarbelakangi oleh hasil PISA yang menunjukkan rendahnya tingkat kompetensi siswa, kesenjangan dalam kualitas pembelajaran, dan dampak pandemi COVID-19, sangat menenkankan kebebasan pada peserta didik.

Baca Juga : Bupati Andreas Agas Beberkan Capaian Persoalan Pendidikan di Manggarai Timur

“Hanya dengan kebebasan dalam belajarnya para peserta didik akan lebih mudah menegenal dan memahami potensi dirinya, yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kualitas diri untuk bekal dimasa depan,” kata Vinsen.

Ia menegaskan, dengan dijiwai konsep Merdeka Belajar yang mendorong seluruh pemangku kepentingan pendidikan menjadi agen perubahan, maka akan terwujud pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai amanat konstitusi.

“Pemerintah kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga turut berpartisipasi aktif dalam penerapannya, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan expo pendidikan tahun 2023, sebagai moment untuk para siswa dapat mengaktualisasikan diri, bakat dan kemampuannya,” tegasnya.

Baca Juga : Sambut HUT RI ke-78, Pemkab Matim Gelar Expo Pendidikan 2023

Vinsen menambahkan, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas PPO akan terus berupaya merevitalisasi sistem pendidikan yang membangun kompetensi utama, agar menghadirkan belajar menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan, sistem terbuka yang memungkinkan kerja sama atau gotong royong antar pemangku kepentingan, guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar, dan pelatihan guru diselenggarakan berdasarkan praktik-praktik yang baik.

“Pada kategori pedagogi Merdeka Belajar mendorong pedagogi berbasis kompetensi dan nilai-nilai, kurikulum, dan penilaian, serta pendekatan berbasis kebutuhan individu dan berpusat kepada siswa,” ujarnya.

Menurutnya, dengan mengacu pada kategori kategori yang disebutkan diatas, kegiatan expo pendidikan ini dilakukan agar para siswa dapat memiliki berbagai kecakapan yang mereka dapatkan tidak saja dari dalam pembelajaran atau intrakurikulerya, tetapi juga melalui aktifitas menarik lainnya yang bermakna, yang terjadi di luar kelas, disamping pembelajaran berbasis proyek dan extrakurikuler. (*)

Penulis : Yos Syukur
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646