0%
logo header
Selasa, 21 Mei 2024 13:24

Yosep Udau Dorong Pemkab Kutim Tingkatkan Ketahanan Pangan di Kecamatan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Anggota DPRD Kutai Timur, Yosep Udau. (Istimewa)
Anggota DPRD Kutai Timur, Yosep Udau. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Yosep Udau, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim untuk memperkuat program ketahanan pangan dengan memperluas lahan pertanian di daerah. Menurutnya, kebutuhan pangan khususnya di Kutim masih banyak diambil dari luar daerah, sehingga pemerintah perlu melakukan perluasan lahan di bidang pertanian, utamanya lahan persawahan di kecamatan.

“Khusus dibidang pertanian, lahan pertanian kita kan masih kurang yang dominan malah sawit. Jadi kalau bisa, pemerintah membantu memfasilitasi lahan pertaniannya,” ucap Yosep Udau saat ditemui awak media di Gedung DPRD Kutim, Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Selasa (21/05/2024).

Ketika ditanya terkait banyaknya lahan persawahan yang beralih fungsi menjadi lahan perkebunan sawit, Yosep Udau mengaku kondisi yang terjadi saat ini, memang cukup dilematis. Di satu sisi, peningkatan di bidang perkebunan kelapa sawit juga juga diperlukan, namun di sisi lain lahan pertanian menjadi berkurang.

Baca Juga : Tak Kuorum, Agusriansyah Ridwan Interupsi Rapat Paripurna Sarankan Rapat Diskorsing

“Kami harapkan pemerintah punya solusi lah, sehingga masyarakat di kasih lahan, khususnya untuk lahan pertanian saja,” ujarnya.

Politikus Partai Amat Nasional itu juga berharap selain memperkuat ketahanan pangan dengan memperluas lahan pertanian, perlu juga dilakukan peningkatan di sektor perkebunan, sehingga keduanya bisa berjalan dengan baik.

“Kita harapkan dua-duanya bisa berjalan, artinya tidak merugikan untuk pertanian dan tidak merugikan untuk lahan sawit. Dalam arti dua-duanya berjalan untuk kebaikan masyarakat Kutim,” pungkasnya. (ADV / DPRD Kutim)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646