0%
logo header
Selasa, 17 Agustus 2021 21:45

119 Napi Rutan Kelas IIB Sinjai Dapat Remisi HUT RI ke-76

Penyerahan SK Remisi Narapida Rutan Sinjai oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa didampingi Kelapa Rutan kelas IIB sinjai Muhammad Ishak, Selasa (17/08/2021).
Penyerahan SK Remisi Narapida Rutan Sinjai oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa didampingi Kelapa Rutan kelas IIB sinjai Muhammad Ishak, Selasa (17/08/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 76, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sinjai memberikan remisi atau potong masa tahanan kepada 119 warga binaan.

Penyerahan SK remisi ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Andi Seto Asapa kepada perwakilan warga binaan Rutan Sinjai usai pelaksanaan Upacara HUT RI Ke 76 di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Selasa (17/08/2021).

Remisi warga binaan itu berdasarkan usulan yang  diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI dalam rangka HUT Republik Indonesia ke 76 tahun.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

Kepala Rutan Kelas IIB Sinjai, Muhammad Ishak menuturkan bahwa dari 119 narapidana yang mendapatkan remisi ini, didominasi dari terpidana kasus narkotika. 

“Jumlah warga binaan yang menerima remisi beraneka ragam. Mulai remisi satu bulan hingga enam bulan. Ada kasus narkotika,  pembunuhan,  penganiayaan dan kasus perlindungan anak. Sedangkan untuk remisi langsung bebas nihil atau tidak ada,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, warga binaan yang menerima remisi tersebut telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi sehingga memenuhi syarat pemenuhan pemberian remisi.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

“Yang memerima remisi ini hanya bagi mereka yang berkelakukan baik dan minimal telah menjalani masa pidana selama 6 bulan terakhir,” jelasnya.

Sekedar diketahui jumlah warga binaan di Rutan Sinjai hingga saat ini berjumlah 177 orang, dari jumlah tersebut 75 persen diantaranya warga binaan kasus narkotika. (Anto)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998