0%
logo header
Senin, 01 Juli 2024 16:23

14 Mahasiswa Telkom University Magang di OPD Kukar untuk Bantu Digitalisasi Pelayanan Publik

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Sekda Kukar, Sunggono, menerima mahasiswa magang dari Universitas Telkom, Senin (01/07/2024). (Istimewa)
Sekda Kukar, Sunggono, menerima mahasiswa magang dari Universitas Telkom, Senin (01/07/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sebanyak 14 mahasiswa Telkom University yang merupakan penerima Beasiswa Kukar Idaman angkatan pertama, memulai magang di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) selama sebulan, mulai 1 Juli 2024.

Mahasiswa tersebut akan membantu pelayanan di OPD terkait teknologi informasi (IT) selama magang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kukar Dendy Irwan Fahriza mengatakan, para mahasiswa ini telah menjalani studi satu tahun dan menunjukkan prestasi akademik yang baik, salah satunya Haikal Pratama Wahyudi dari Tenggarong.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Mereka akan membantu pelayanan di OPD tersebut khususnya terkait teknologi informasi selama sebulan,” ujar Dendy, Senin (01/07/2024).

Jam magang para mahasiswa tersebut akan dioptimalkan setiap hari kerja, dan mereka juga akan membuat laporan terkait kegiatan selama magang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kukar Sunggono menuturkan, program ini merupakan langkah awal Pemkab Kukar dalam mengatasi kesenjangan sumber daya manusia (SDM) bidang teknis, khususnya di bidang IT.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Beasiswa tematik ini kami dedikasikan untuk program Kukar Idaman yakni Disapa (digitalisasi pelayanan publik),” kata Sunggono.

Sunggono berharap para mahasiswa ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam digitalisasi pelayanan publik di Kukar.

“Ekspektasi saya cukup tinggi kepada 14 orang ini. Jangan sampai mereka disuruh mengerjakan tugas di luar bidang IT,” pesan Sunggono kepada OPD.

Baca Juga : Bupati Kukar Resmikan Jembatan Desa Sedulang, Muluskan Akses Masyarakat dan Tingkatkan Kesejahteraan

Di era digital ini, kebutuhan akan pelayanan publik berbasis IT semakin meningkat. Hal ini mendorong Pemkab Kukar untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan publiknya.

Program magang mahasiswa Telkom University ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan SDM di bidang IT dan mempercepat digitalisasi pelayanan publik di Kukar.

Beasiswa Kukar Idaman merupakan program kerjasama antara Pemkab Kukar dan Telkom University untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi di Kukar untuk menempuh pendidikan di Telkom University.

Baca Juga : Sekretaris Daerah Kukar Sunggono Apresiasi MTQ OPD Pertama Kalinya

Penerima beasiswa ini mendapatkan bantuan biaya pendidikan, tunjangan hidup, dan kesempatan magang di OPD Kukar. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646