0%
logo header
Rabu, 03 Januari 2024 11:10

172 Ribu BTS 4G Beroperasi, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data di Momen Tahun Baru 8,9 Persen

Chaerani
Editor : Chaerani
Lonjakan trafik data Indosat di momen perayaan Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 naik signifikan. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)
Lonjakan trafik data Indosat di momen perayaan Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024 naik signifikan. (Dok. Indosat Ooredoo Hutchison)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA —
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman digital yang mengesankan dengan menjaga performa jaringannya. Khususnya pada momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Didukung oleh 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air, pada sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8,9 persen dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung mengatakan, kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting. Hal tersebut sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

“Kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta,” katanya dalam keterangannya, Rabu, (03/01/2024).

Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4 persen pada 24 Desember 2023 dan 8,9 persen pada 31 Desember 2023 dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal. Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal. Sementara, di luar Pulau Jawa, Kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Kota Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda.

“Ini merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi,” ujarnya.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat. Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data.

Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal.

“Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand,” sebutnya.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC), dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan. Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif.

“Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun,” tegas Desmond.

Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut disiagakan. Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email ([email protected] dan [email protected].) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

“Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen special perayaan Natal natal 2023 dan Tahun Baru 2024 membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646