0%
logo header
Selasa, 24 Januari 2023 22:40

210 Anggota PPS Dilantik, Bupati Soppeng: Laksanakan Amanah Penuh Tanggung Jawab

Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Soppeng, Kamis (24/01/2023). (Istimewa)
Pelantikan Anggota PPS se-Kabupaten Soppeng, Kamis (24/01/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Sebanyak 210 orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 70 Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Soppeng dilantik sekaligus diambil sumpahnya dalam rangka Pemilu tahun 2024, di Kawasan Wisata Alam Ompo, Selasa (24/01/2023).

Disamping itu, pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas serta penyematan PIN oleh Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi kepada perwakilan Anggota PPS.

Bupati Soppeng, diwakili oleh Staf Ahli Bagian Hukum, Politik dan Pemerintahan Drs.Muhammad Aziz menyampaikan selamat atas pelantikan anggota panitia pemungutan suara (PPS) pada Pemilu 2024.

Baca Juga : Berkunjung di Soppeng, Timsel Bawaslu Sulsel Sampaikan Komitmen Penjaringan Komisioner Berkualitas

“Semoga amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” imbuh Muhammad Azis.

“Bekerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas serta tuntas mewujudkan kepada siapa yang aman dan kondusif,” imbuhnya lagi.

Selain itu, mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Soppeng ini mengapresiasi KPU Kabupaten Soppeng bersama jajaran melakukan seluruh tahapan Pemilihan Umum sesuai PKPU 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024.

Baca Juga : Turnamen Bulutangkis PB Demokrasi Cup I Ditutup

“Saya berharap kepada seluruh lembaga penyelenggara pemilu agar bekerja penuh profesional, proaktif,eksplosif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta tetap jalin sinergitas untuk menciptakan hubungan kerja yang kondusif,” harap Muhammad Azis.

Lanjutnya mengungkapkan bahwa Pemilu kedepan sangatlah kompleks sehingga perlu kesiapsiagaan seluruh jajaran penyelenggara Pemilu sehingga dapat mengantisipasi potensi pelanggaran, dan tugas tersebut diupayakan berjenjang kebawah dan menjadikan sebuah pengabdian karena PPS merupakan ujung tombak yang sangat menentukan dalam menegakkan Demokrasi diwilayah Kabupaten Soppeng.

“Kepada seluruh anggota PPS yang baru dilantik, untuk segera melakukan koordinasi secara vertikal maupun horisontal sehingga tahapan berjalan dengan baik, aman dan kondusif,” tutupnya.

Baca Juga : Kenali Wajah Baru Kapolsek Ganra Soppeng, Ini Karirnya

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi menyampaikan bahwa calon pendaftar PPS lebih 500 orang dan terpilih hanya 210 orang.

“Saya yakin saudara-saudara yang terpilih mempunyai kemampuan, kapasitas dan sinergitas yang baik,” ucap Muhammad Hasbi.

Dikatakan bahwa dalam Pemilu tidak sekedar memilih pemimpin dan menyelenggarakan hak kedaulatan rakyat, tapi pemilu adalah alat pemersatu Bangsa yang pertama kali dilakukan pada tahun 1955 sebagai negara demokrasi yang harus dijaga sampai saat ini.

Baca Juga : Mutasi Jajaran Polres Soppeng: Berikut Daftar Jabatan yang Rotasi

Pemilu di tahun 2024 mendatang, kita ingin memastikan semua tahapan dapat berjalan dengan baik dan benar dan kita akan pastikan Pemilu 2024 dapat melahirkan pemimpin yang amanah.

“Yakin, kita semua dapat melaksanakannya sebagai penyelenggara Pemilu, kita bukan lagi warga negara biasa tetapi kita adalah penyelenggara Pemilu sehingga dibutuhkan integritas,” ungkap Ketua KPU Soppeng Muhammad Hasbi. (*)

Penulis : Yusuf
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646