0%
logo header
Jumat, 26 Maret 2021 13:39

215 Pegawai Lapas Sungguminasa Divaksin Covid-19

Salah satu pegawai Lapas Narkotika Kelas II Sungguminasa saat divaksin Covid-19, Jumat (26/03/2021). (Rhany)
Salah satu pegawai Lapas Narkotika Kelas II Sungguminasa saat divaksin Covid-19, Jumat (26/03/2021). (Rhany)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak 215 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sungguminasa mengikuti vaksinasi Covid-19. Mereka terdiri dari 81 pegawai Lapas Perempuan Kelas II dan 135 pegawai Lapas Narkotika Kelas II.

Vaksinasi yang berlangsung di masing-masing kantor difasilitasi Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Gowa dr. Gaffar mengatakan, vaksinasi kepada pegawai Lapas Sungguminasa ini dalam rangka menekan penularan Covid-19. Selain itu, mereka juga merupakan petugas pelayanan publik sehingga menjadi syarat untuk dilakukan vaksinasi.

Baca Juga : Segarkan Birokrasinya, Bupati Buteng Rotasi 12 Pejabat Eselon II

“Kami akan memfasilitasi pemberian vaksin kepada seluruh petugas yang ada, baik di lapas perempuan maupun di lapas narkotika. Kami targetkan semua lapas imigrasi atau lembaga yang sifatnya vertikal bisa kita selesaikan minggu ini,” katanya, di sela-sela pelaksanaan Vaksinasi Kepada Pegawai Lapas Sungguminasa, Jumat (26/03/2021).

Dirinya menargetkan, pemberian vaksinasi kepada petugas pelayanan publik diharapkan dapat diselesaikan pada Juni 2021. Sehingga pada pertengahan bulan yang sama tersebut dapat dilakukan vaksinasi untuk kelompok masyarakat umum.

“Pada tahap ini kita upayakan juga dapat memvaksin seluruh anggota binaan yang ada. Awalnya kita telah mengajukan untuk memberikan vaksin kepada anggota binaan, hanya saja dari koordinasi yang dilakukan masih menunggu kebijakan pusat,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Buteng Tetapkan Khatmil Qur’an Dilaksanakan Setiap Tahun

Ia menyebutkan, hingga pelaksanaan vaksinasi tahap kedua dilakukan jumlah vaksin jenis Sinovac yang digunakan sekitar 780 vial atau menyasar 7.780 penerima vaksin yang didalamnya ada dosis pertama dan dosis kedua. Sementara, untuk total penerima vaksin sekitar 10.000 penerima vaksin.

“Untuk tenaga kesehatan yang sudah kita vaksin ada 3.000, jadi dengan jumlah petugas pelayanan publik dan kelompok lansia mencapai 10.000,” kata Kepada Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gowa.

Sementara, Kepala Lapas Narkotika Sungguminasa Yusran Saad mengatakan, pegawai yang tercatat di lapas ini sekitar 135 orang, namun dalam pelaksanaannya pihaknya tetap mengacu pada Dinas Kesehatan setempat berapa yang bisa disiapkan. Tentunya juga dengan menyesuaikan pada saat proses skrining berlangsung.

Baca Juga : Pimpin Upacara Harkitnas di Buteng, Bupati Samahuddin Memohon Maaf

“Kita berharap bisa difasilitasi semua jika memang memenuhi syarat untuk divaksin. Tentunya kami mengapresiasi pemerintah daerah yang memfasilitasi pegawai kami untuk divaksin,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap pemberian vaksinasi ini juga dapat diberikan kepada anggota binaan yang ada di dalam Lapas Narkotika Sungguminasa.

“Jumlah anggota binaan kami sekitar 1.150 orang, ini kita harap juga bisa divaksin pada pemberian tahap selanjutnya. Sehingga tidak ada lagi penularan Covid-19 di wilayah ini, tentunya kita akan melakukan koordinasi yang lebih intensif lagi, ” katanya.

Baca Juga : Tumbuhkan Kepedulian Sosial, Gus Muhaimin Squad Kabupaten Pinrang Berbagi Takjil

Hal senada juga dikatakan Kepala Lapas Perempuan Sungguminasa Eko Suprapti. Ia mengatakan, jumlah pegawai yang divaksin sebanyak 81 orang. Mereka semua merupakan petugas yang bekerja di wilayah lapas.

“Tentunya kita harapkan semua pegawai yang akan mengikuti vaksin hari ini bisa lolos skrining,” ujarnya. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646