0%
logo header
Selasa, 03 September 2024 08:51

30 Atlet Papua Selatan Dikirim ke PON XXI Aceh – Sumut

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kadispora Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias memberikan keterangan Pers. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Kadispora Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias memberikan keterangan Pers. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Sedikitnya 30 atlet dikirim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara yang akan dibuka, Senin 9 September 2024.

Selain  atlet, Pemprov Papua Selatan juga mengirim 73 pelatih yang membina dan mendampingi para atlet. Provinsi Papua Selatan sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Papua akan mengibarkan panji kontingennya dalam iven olahraga nasional empat tahunan itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Selatan, Soleman Jambormias kepada awak media menyebutkan, kuota atlet untuk Provinsi Papua Selatan hanya berjumlah 30 orang. Hal itu berdasarkan Keputusan Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Pusat terhadap keikutsertaan tiga provinsi daerah otonomi baru dalam iven PON.

Baca Juga : Peringatan Maulid Nabi, Wabup Merauke Ajak Umat Tingkatkan Persatuan dan Kerukunan

“Kami memastikan bahwa seluruh atlet asal Papua Selatan sesuai kuota yang ditetapkan KONI Pusat telah siap mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 di Aceh dan Sumatera Utara. Ada 30 atlet dan 73 ofisial yang berangkat besok Selasa, 3 September 2024 sore,” ujar Soleman Jambormias kepada awak media di Hotel Coreinn Merauke, Senin (02/09/2024).

Atlet PON XXI Aceh-Sumut, kata Soleman, telah dipersiapkan secara matang dan sudah mengikuti pembinaan dan pelatihan di pusat pelatihan (training center) di Jakarta dan Yogyakarta. Pemerintah Provinsi Papua Selatan menggelontorkan dana Rp14,5 miliar untuk memperkuat kontingen Papua Selatan, termasuk pembiayaan di pusat pelatihan hingga keberangkatan dan akomodasi.

“Sebelum berangkat ke Aceh maupun Sumatera Utara, para atlet sudah mengikuti training centre. Semuanya ditanggung Pemerintah Provinsi Papua Selatan. Dari total anggaran yang disiapkan Pemprov Rp 14,5 miliar, Rp 4,8 miliar untuk training center. Bahkan Pj Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi ikut memantau langsung jalannya training centre di Yogyakarta dan Jakarta,” sebutnya.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Keluarkan Pengumuman Nomor: 712/0L.02.2-PU-/93/2024

Selaku Ketua Harian KONI Papua Selatan, Soleman Jambormias memastikan 30 atlet yang memperkuat kontingen Papua Selatan di PON XXI merupakan para atlet potensial yang dapat meraih medali emas. Pemprov Papua Selatan memang tidak menargetkan banyak emas di PON XXI, akan tetapi para atlet juga tak boleh pulang dengan tangan kosong.

“Kita tidak ingin muluk-muluk mematok target pada PON tahun ini Tapi atlet kita sudah siap berjuang, sehingga tidak sampai kosong atau dak dapat medali emas. Kita perkirakan saja antara 3 sampai 5 medali emas yang bisa kita rebut dan persembahkan untuk Papua Selatan,” harapnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646