0%
logo header
Jumat, 17 Mei 2024 06:22

54.800 Kg Beras Bantuan Pangan Disalurkan di Kecamatan Somba Opu

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membagikan secara simbolis bantuan pangan kepada masyarakat di Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membagikan secara simbolis bantuan pangan kepada masyarakat di Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak 54.800 kilogram (Kg) beras bantuan pangan kembali disalurkan untuk masyarakat di Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pembagian bantuan pangan ini dilakukan langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi jajaran pejabat Perum Bulog Cabang Makassar. Bantuan pangan Tahap Kedua Tahun 2024 tersebut merupakan program Presiden RI, Joko Widodo.

Adnan mengatakan, bantuan beras ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat kurang mampu, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

“Semoga dengan program ini mampu meringankan beban dari seluruh masyarakat atau saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita semua,” katanya, kemarin.

Lanjut Adnan, program bantuan pangan ini sebagai bagian dari upaya untuk mengantisipasi dampak El-Nino. Dimana ada sebagian wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan sehingga berdampak pada produksi pertanian, khususnya beras.

“Pemerintah pusat mencanangkan sebuah program yaitu bantuan pangan. Bantuan pangan itu inilah yang disalurkan kepada masyarakat yang menjadi penerima bantuan pangan,” jelasnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Ia menegaskan, bantuan pangan tersebut pun bukan lah merupakan bantuan politis. Mengingat tahun ini masih dalam situasi tahun politik. Menurutnya, bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat.

“Bantuan pangan ini tidak boleh dianggap sebagain bantuan politis. Masa membantu masyarakat dianggap sebagai bantuan politis, tidak boleh. Ini bantuan untuk masyarakat yang dianggap kurang mampu,” jelasnya.

Pemimpin Cabang Bulog Makassar Karmila Hasmin Marunta mengungkapkan, peyaluran bantuan pangan tahap 2 ini dikhususkan untuk seluruh kelurahan di Kecamatan Somba Opu. Bantuan ini khusus untuk periode April 2024, sementara untuk periode Mei dan Juni akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

“Untuk Kecamatan Somba Opu pagunya 54.800 Kg per bulan. Kami berharap masyarakat tidak khawatir. Sebab, Bulog bersama pemerintah daerah terus ada dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Kecamatan Somba Opu, Winda merasa bersyukur dengan adanya bantuan pangan ini. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan Perum Bulog.

“Ini lumayan membantu kebutuhan sehari-hari terus saya berharap lebih seringlah ada bantuan seperti ini,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646