0%
logo header
Kamis, 25 Januari 2024 17:24

Adab ‘Mappatabe’ Jadi Tradisi Kapolda Sulsel Saat Berkunjung di Sinjai

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, saat memberikan sambutan di hadapan Pejabat Pemkab dan Masyarakat Sinjai, Rabu (24/01/2024). (Istimewa)
Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, saat memberikan sambutan di hadapan Pejabat Pemkab dan Masyarakat Sinjai, Rabu (24/01/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, tiba di Kabupaten Sinjai pada Rabu (24/1/2024) malam untuk melakukan Kunjungan Kerja (Kunker).

Setibanya, Andi Rian didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Selatan Ny Dewy Andi Rian beserta Pejabat Utama Polda Sulsel disambut di Rumah Jabatan oleh Penjabat Bupati Sinjai.

Di malam itu juga, Kapolda Sulsel melakukan tatap muka dengan sejumlah Pejabat Pemkab Sinjai, Forkompinda dan tokoh masyarakat agar seluruh elemen diharap berkolaborasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pemilu 2024.

Baca Juga : Penyuluh dan Petani di Sinjai Belajar Budidaya Cabe, Pj Bupati Minta Action

Kunjungan Kerja itu kembali dilakukan dalam rangka menyerahkan bantuan sebanyak 4.500 paket sembako untuk masyarakat tidak mampu yang bertempat di Alun-alun Sinjai Bersatu Jalan Tondong, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (25/01/2024) pagi.

Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi mengungkapkan, setiba di Bumi Panritta Kitta, Kunjungan Kerja ini merupakan kunjungan sebagai pejabat baru di Wilayah Sulsel.

Sebagai pejabat baru di Polda Sulsel, tentu, kehadiran ini menurutnya dianggap sangat penting untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan masyarakat di 24 Kabupaten/kota di Sulsel salah satunya di Kabupaten Sinjai.

Baca Juga : Ratusan Polisi Siap Amankan Proses Rekapitulasi Suara di KPU Sinjai

“Selaku pimpinan, saya mengucapkan apreasiasi kepada bapak Pj bupati Sinjai dan Forkopimda yang telah memfasilitasi untuk bertemu dengan masyarakat Sinjai,” ungkapnya.

Setiap Kunjungan ke daerah, pihaknya dalam setiap acara selalu mengundang masyarakat untuk bersilaturahmi dan berdiskusi sekaligus menyalurkan bantuan sembako untuk membantu masyarakat yang berada dilevel kurang mampu

“Selain menyalurkan bantuan dan bersilaturahmi, kehadiran kami sekaligus menjalankan tugas pemerintah dalam pemulihan ekonomi termasuk salah satunya soal Stunting dan laju inflasi,” beber Mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu.

Baca Juga : Fahsul Falah Sebut HJS ke-460 Momentum Penting Sejarah Perjalan Sinjai

Dengan bantuan tersebut, diharap bisa dinikmati sebagai wujud kehadiran kepolisian di Wilayah Sulsel di tengah masyarakat.

Namun disela kunjungannya, ada yang menarik dari Kapolda Sulsel, Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi saat memberikan arahan dihadapan pejabat daerah dan masyarakat, Ia selalu menempatkan dirinya sebagai pimpinan di Wilayah Sulsel yang menjaga adab dan etika.

Kata Mappatabe terlontar dalam Kunjungan Kerjanya saat memberikan sambutan sebagai pemimpin baru yang diberi amanah oleh Bapak Kapolri.

Baca Juga : KPU Sinjai Jadwalkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Seperti ucapannya saat berada ditengah pejabat dan masyarakat Kabupaten Sinjai.

“Saya mappatabe, didalam kunjung kerja ini kami selalu meminta doa restu agar dalam menjalankan amanah kami berharap selalu bermanfaat untuk semua masyarakat Sulawesi Selatan,” katanya.

Mappatabe merupakan budaya turun temurun dilakukan oleh masyarakat khususnya masyarakat bugis. Cerminan ini sebagai adat kesopanan dengan nilai-nilai lokalitas yang dilakukan sejak dulu.

Baca Juga : KPU Sinjai Jadwalkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Sementara itu, Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah mengatakan masyarakat sangat bangga atas kehadiran bapak Kapolda Sulsel di kabupaten Sinjai. Dengan padatnya kegiatan beliau, kesempatan itu diluangkan untuk hadir di Bumi Panritta Kitta.

“Tentunya, kehadiran ini merupakan wujud sinergitas dalam membantu menangani angka Stunting dan Miskin Ekstrem yang menjadi program pemerintah saat ini dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kapolda atas bantuan sembako untuk masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutannya di Tribun Alun-alun Sinjai.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Bhayangkari bersama anggotanya memberikan bantuan sembako kepada masyarakat tidak mampu sekaligus memberikan 2 hadiah umroh melalui undian.

Baca Juga : KPU Sinjai Jadwalkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten

Selain itu, Kapolda Sulsel bersama Penjabat Sinjai memberikan secara simbolis bantuan Bansos dalam rangka Penanganan Inflasi 1.400 paket dan Miskin Ekstrem sebanyak 5000 paket.

Termasuk, penyerahan secara simbolis
kunci bantuan bedah rumah dan penyerahan kunci pemanfaatan Alun-alun Sinjai Bersatu. (*)

Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646