0%
logo header
Senin, 10 Januari 2022 00:02

Airlangga Diagendakan Serahkan Langsung Bantuan ke UMKM di Makassar

Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe.
Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Kota Makassar Sulawesi Selatan pada Januari 2022 ini akan kedatangan tamu dari seluruh Provinsi di Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah pejabat dan petinggi Organisasi Masyarakat (ormas) Musyawarah Keluarga Gotong Royong (MKGR) Tingkat Pusat juga ikut bergabung di Kota Daeng.

Diantara para tamu itu, terdapat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar yang dijadwalkan akan menyerahkan langsung bantuan kepada sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di beberapa titik di Kota Makassar.

Penyerahan bantuan itu dalam rangkaian kedatangan Airlangga Hartarto menghadiri pelantikan Pengurus DPD I Musyawarah Keluarga Gotong Royong (MKGR) Sulawesi Selatan dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MKGR Indonesia yang dipusatkan di Makassar pada tanggal 15 dan 16 Januari 2021.

Baca Juga : Kades Lasori Paparkan Keunggulan Desanya di Hadapan Tim Penilai Lomdeskel Sultra

Ketua MGKR Sulsel Taufan Pawe, yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel dalam Rapat Zoom Panitia Pelantikan dan HUT MKGR, Minggu (09/01/2022) malam menjelaskan, Airlangga Hartarto juga akan menyerahkan secara simbolis 50 unit traktor tangan (hand tractor) kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Sulawesi Selatan.

“Dalam kunjungan ke Jakarta saya memperoleh informasi bahwa di Sulsel juga akan diserahkan sedikitnya 500 beasiswa kepada Perguruan Tinggi,” ujar Taufan Pawe dalam Rapat yang dipimpin Ketua Panitia Prof.Dr.Aminuddin Ilmar, dan dihadiri sejumlah Anggota Panitia.

Berkaitan dengan pelaksanaan HUT MKGR tersebut, imbuh Taufan Pawe, 33 Ketua DPD I MKGR se-Indonesia akan hadir di Makassar bersama dengan Ketua Umum DPP MKGR Dr.Ir. H.Adies Kadir, S.H., M.Hum. mengantisipasi kehadiran para tamu MKGR se-Indonesia itu, pihak panitia telah menyiapkan sedikitnya 50-an kamar pada beberapa Hotel di Makassar.

Baca Juga : Desa Lasori Ikut Lomdeskel Tingkat Provinsi, Sekda Buteng Sampaikan Komitmen Membangun Dari Desa

Saya harapkan jangan sampai ada kesan yang salah dalam penjemputan delegasi yang datang,” pinta TP, singkatan nama Wali Kota Parepare dua periode tersebut.

Menurut TP, kedatangan delegasi itu akan berlangsung pada H-2. Acara peringatan HUT MKGR diperkirakan dihadiri 400 peserta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Acara pelantikan DPD MKGR Sulsel dilaksanakan 15 Januari 2022 di Hotel Gammara Makassar, sementara peringatan HUT MKGR digelar di Hotel Claro 16 Januari 2022 malam.

TP menilai, DPD MKGR Sulsel patut berbangga karena memperoleh kepercayaan menyelenggarakan secara nasional HUT MKGR di Makassar, Sulsel. Sehubungan dengan itu, dia minta agar seluruh panitia dapat mengoptimalkan kegiatan menciptakan siuasi dan kondisi  agar maryarakat mengetahui ada acara nasional MKGR di Kota Makassar.

Baca Juga : Taufan Pawe Terima Plakat Kehormatan dari Pemuda Pancasila Sulsel

Menurut TP, Ketua Umum DPP MKGR Adies Kadir yang juga orang Sulsel dijadwalkan tiba di Makassar 14 Januari 2022 malam dan mengagendakan  jalan pagi dengan warga MKGR 15 Januari sembari menikmati nasi kuning Makassar sekaligus menjadwalkan penyerahan langsung bantuan kepada UMKM di Makassar.

Sedangkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto akan tiba di Makassar menggunakan pesawat pribadi. Jika waktu memungkinkan, TP berencana mengagendakan penyerahan bantuan MKGR secara simbolis oleh Airlangga Hartarto di Bantimurung Maros. “Tetapi ini masih tentatif,” TP menambahkan.

Prof.Dr.Ir. Ambo Ala, M.S. selaku narasumber panitia menyikapi pemberian bantuan kepada UMKM dalam rangkaian pelantikan dan HUT MKGR tersebut sangat tepat karena rata-rata UMKM yang jumlahnya yang aktif mencapai 140.000 itu masih lemah dalam hal  modal. Sektor inilah yang harus disentuh oleh MKGR.

Baca Juga : Hadiri Sosialisasi Penegakan Hukum, Pj Bupati Buteng Komitmen Pererat Sinergitas dengan Kejati Sultra

“Yang tidak kalah pentingnya, apa manfaat dan “feedback”-nya dengan bantuan yang diberikan,” sebut mantan Wakil Rektor III Unhas itu.

Oleh sebab itu, Prof. Ambo Ala mengingatkan, perlu hati-hati dalam pemberian bantuan ini karena pasti ada yang dapat bagian dan tidak. Mereka yang tidak memperoleh tersebut akan kecewa. Kita harus menghitung betul berapa banyak kelompok tani,  termasuk kriteria yang memperoleh dan mekanisme pemberian bantuan tersebut.

Ketua Panitia Pelantikan dan HUT MKGR Aminuddin Ilmar menjelaskan, sebelum hari H pelaksanaan kegiatan, Panitia akan terlebih dahulu “sowan” (beraudiensi) dengan Plt Gubernur Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, dan Kajati Sulsel dll.

Baca Juga : Hadiri Sosialisasi Penegakan Hukum, Pj Bupati Buteng Komitmen Pererat Sinergitas dengan Kejati Sultra

Panitia pelantikan dan HUT MKGR ini ini terdiri atas Ketua : Prof.Dr.Aminuddin Ilmar, S.H., M.H., Wakil Ketua I Prof.Dr.H.Hasnawi Haris, M.Hum., Sekretaris :Dr.Nukhrawi Narir, M.Kes, AIFO, Wakil Sekretaris: Awaluddin, S.Pd, M.Pd. dan Bendahara: Dr.H.Nasaruddin Nawawi, S.E., M.M.

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646