0%
logo header
Jumat, 01 Desember 2017 02:05

Aliyah Mustika dan BKKBN Sosialisasikan Pentingnya KB di Mariso

Aliyah Mustika dan BKKBN Sosialisasikan Pentingnya KB di Mariso

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Komisi IX DPR RI turun langsung ke tengah masyarakat untuk mensosialisasikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di Jl. Belibis, Rw 4 Kelurahan Mariso, Makassar, Kamis (30/11/17).

Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Sulsel, Amirullah Hamzah, mengatakan program KKBPK bertujuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas. Dilakukan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga dan ekonomi produktif.

“Untuk menjadi keluarga yang berkualitas, keluarga Indonesia perlu mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga : Sosialisasi Germas Bersama Anggota DPR RI, Ini yang Disampaikan Bupati Soppeng

Ia menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dilaksanakan melalui 8 fungsi keluarga.

Di antaranya, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

“Jadi kehadiran kami untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya melaksanakan program KB melalui 8 fungsi keluarga, jadi tidak hanya sekedar perencanaan jumlah keluarga semata tapi ada nilai-nilai sosial didalamnya,” ujarnya.

Baca Juga : Bantuan Mukena Aliyah Mustika Disambut Haru Warga Binaan Lapas Perempuan Sungguminasa

Ia juga mengungkapkan bahwa terlaksananya program KKBPK di Makassar adalah dukungan dan perjuangan anggota DPR RI komisi IX, Aliyah Mustika Ilham.

Dalam sambutannya Aliyah berharap, masyarakat dapat memahami pentingnya program KB. Tidak sekedar sebatas membatasi jumlah anak, tetapi mampu merencanakan usia pernikahan yang tepat.

“Baiknya itu dilakukan pada usia matang minimal 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki,” ujar isteri Walikota Makassar periode 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) ini.

Baca Juga : Legislator Pusat Aliyah Mustika Sosialisasikan Manfaat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Ia pun menyampaikan salam IAS kepada warga setempat. “Saya tahu disini banyak sahabat-sahabatnya bapak (IAS), beliau menitipkan salam rindu kepada kita semua,” ujar Aliyah disambut tepuk tangan warga.

Sementara itu, Tokoh masyarakat, RW 4 Kelurahan Mariso, Tulang, mengungkapkan bahwa wilayahnya merupakan basis IAS. Kedatangan Aliyah di RW 4 adalah bentuk kepedulian keluarga IAS terhadap jaringan militan yang tetap terjaga.

“Selamat datang bu (Aliyah) di basis Pak IAS,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646