0%
logo header
Minggu, 16 Januari 2022 19:45

Antusias Warga Bulukumba Basmi Hama Babi, Hingga 30 Ekor Perhari

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Puluhan Babi hutan yang ditangkap untuk dimusnahkan karena dianggap mengganggu Tanaman di Kebun milik wargadi Ujung Loe Kabupaten Bulukumba, Minggu (16/01/2022).
Puluhan Babi hutan yang ditangkap untuk dimusnahkan karena dianggap mengganggu Tanaman di Kebun milik wargadi Ujung Loe Kabupaten Bulukumba, Minggu (16/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA – Perburuan Hama Babi terus digencarkan di Kabupaten Bulukumba.

Warga tampak antusias ikut dalam perburuan yang dilakukan di wilayah Desa Tamatto, Kecamatan Ujungloe, pada Minggu (16/01/2022).

Para pemburu berbondong-bondong datang untuk bersama-sama melakukan perburuan babi di dalam hutan.

Baca Juga : Bupati Bulukumba Beberkan Program Kerjanya ke Peserta Kepemilikan Nasional

Kepala Desa Tamatto, Asrul Sani menyambut bahagia atas upaya pemberantasan hama babi di Desanya. Warga pun turut antusias ikut ambil bagian dalam perburuan yang dilakukan setiap hari Minggu di Bulukumba.

Pihaknya juga mendukung program pemburuan babi karena berdampak positif pada warga khususnya petani.

“Kami bahagia dengan adanya perburuan babi di Desa Tamatto. Warga pun menyambut antusias dan ikut berburu bersama,” katanya di sela perburuan Minggu siang.

Baca Juga : Kerap Jadi Sorotan, Bupati Bulukumba Temui Jajaran RSUD Andi Sulthan Daeng Radja

Menurut Kordinator Lapangan Perburuan Babi, Amirullah BJ, sedikitnya 31 mobil turun dalam perburuan tersebut.

“Ada 31 mobil, setiap mobil biasa mengangkut pemburu 15 sampai 20 orang. Ada warga dari Kindang, Tibona dan juga ditambah ada pemburu dari sinjai,” ungkapnya.

Ketua Tim Pemberantasan Hama Babi yang juga Kabag Pemerintahan Thayeb Maningkasi mengatakan bahwa perburuan hari ini dilakukan dalam dua sesi.

Baca Juga : Terima Peserta Kepemimpinan Nasional, Bupati Bulukumba Dipasangkan Mahkota Papua

Pada sesi pertama, katanya telah menangkap 30 babi. “Totalnya hari ini belum kami data tapi hingga sesi pertama (siang), sudah 30 babi dimusnahkan,” bebernya.

Program pemberantasan hama babi oleh Pemkab Bulukumba yang dinahkodahi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wabup Andi Edy Manaf merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan perkebunan.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mencanangkan program perburuan lantaran penggunaan racun belum mendapat izin pihak polri.

Baca Juga : Bupati Bulukumba Ungkap Suburnya Lahan Pertanian di Rilau Ale

Di sisi lain, cara lazim dengan menggunakan perangkap listrik juga tak dilakukan karena kerap membahayakan warga. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646