0%
logo header
Senin, 20 Mei 2024 15:07

ASN Pemkab Gowa Diminta Kuasai Perkembangan Teknologi

Chaerani
Editor : Chaerani
Jajaran ASN Pemkab Gowa saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin, (20/05/2024). (Dok. Humas Gowa)
Jajaran ASN Pemkab Gowa saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin, (20/05/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Jajaran Aparatur Sipil Negara (ANS) Pemerintah Kabupaten Gowa diminta untuk mampu menguasai perkembangan teknologi saat ini.

Hal ini diungkapkan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-116 Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Ia menilai, momentum Harkitnas ini haruslah menjadi batu loncatan menuju Indonesia Emas yang ditargetkan pada 2045 mendatang. Pasalnya, dengan penguasaan teknologi, tujuan Indonesia Emas ini dapat terakselerasi di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Kunjungi Bawaslu Makassar, Herwyn Tegaskan Jajaran Telah Siap Sambut Pilkada 2024

“Di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” katanya, dalam pidatonya, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin, (20/05/2024).

Ia mengungkapkan, inovasi teknologi digital yang melesat bak lompatan kuantum telah menebas banyak keterbatasan manusia. Hal ini tentu membuat munculnya tantangan dan peluang baru, serta menjadi penanda zaman baru bagi seluruh umat manusia.

Lanjutnya, selain didukung oleh kemajuan teknologi, dihadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan adanya 60 persen penduduk Indonesia usia produktif yang siap berinovasi bagi kemajuan teknologi dna pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Penguatan Pemberitaan dalam Pengawasan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Sulsel Bangun Sinergitas dengan Media

“Sebagaimana telah berkali-kali dinyatakan oleh Bapak Presiden Joko Widodo peluang kita menjadi negara maju ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi,” tambah Karim yang juga Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa ini.

Baginya salah satu penerapan teknologi yang telah dilakukan di Kabupaten Gowa adalah pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang sudah berjalan dengan sangat baik. Setiap urusan diselesaikan dengan efektif dan efisien.

Ditambah lagi pada beberapa waktu lalu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan telah meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Toyota Expo by Kalla di TSM Makassar, Pengunjung Bisa Nikmati Penawaran Terbaik

Ia juga berpesan agar kebangkitan kedua ini dijadikan momen untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan.
 
“Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah seluruh potensi sumber daya alam, demografi, dan teknologi harus kita manfaatkan menuju Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646