0%
logo header
Jumat, 29 Maret 2024 04:45

Banjir Bandang Landa Palopo, Dinihari Pj Gubernur Bahtiar Instruksikan Tim Terjun ke Lapangan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Tangkapan Layar Video Banjir di Jalan Cakalang Kota Palopo, Jumat (29/03/2024) dinihari. (Istimewa)
Tangkapan Layar Video Banjir di Jalan Cakalang Kota Palopo, Jumat (29/03/2024) dinihari. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Tak lama setelah mengetahui dan mendapat laporan dari lapangan mengenai banjir bandang yang kembali menerjang Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/03/2024) Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin langsung mengarahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Prov Sulsel dan Dinas Sosial untuk segera ke lapangan.

“Saya telah berkomunikasi langsung dan beri arahan kepada Pj Walikota Palopo untuk menetapkan Tanggap Darurat,” kata Bahtiar, Jumat dinihari malam (29/03/2024).

Seperti diketahui banjir bandang kembali menerjang sejumlah wilayah di Kota Palopo, Kamis malam (28/3) pada sekitar pukul 23.30 Wita. Banjir melanda sebagian wilayah di kota itu karena adanya air bah dari hulu Sungai Latuppa yang meluap ke pemukiman warga. Luapan air membawa material seperti kayu dan lumpur hingga ke pemukiman warga seperti yang terlibat di  Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur.

Baca Juga : Bersama Kapolda Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Resmikan Revitalisasi Makam Arung Pallaka dan Karaeng Pattingalloang

Pj Bahtiar tiada henti hentinya memantau perkembangan banjir di Palopo yang  mana sebelumnya juga terjadi bencana banjir pada 27 Maret 2024. Namun kali ini banjir sangat mengkhawatirkan sebab membawa luapan lumpur dan material kayu.

Untuk mengantisipasi dampak akibat banjir bandang ini, Pj Bahtiar telah mengarahkan kepada Kepala BNPBD dan Kadis Sosial agar segera ke lapangan.

“Saya sudah arahkan Kadis Sosial prov dan BNPBD prov segera ke lapangan kirim bantuan” tandas Bahtiar.

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Pj Gubernur Sulsel Serahkan 4100 Bibit Pohon dan 2341 SK PPPK

Selain itu Bahtiar juga telah berkordinasi dengam Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun dan Kapolda Sulsel Irjen Andi Ryan R.

“Kami segera kirim bantuan. Pangdam,
Danrem dan Kapolda sdh instruksi gerakkan anggota TNI Polri untuk membantu ke lapangan” ujar Bahtiar melalui pesan rilis pada Jumat dinihari, (29/03).

Pada kesempatan ini pula Pj Gubernur  instruksikan intansi terkait agar saling bahu membahu untuk atasi dampak di lapangan.

Baca Juga : Relawan Pendukung Jokowi Ikut Serta Tanam Pohon Bareng Pemprov Sulsel di Hari Bumi

“Mari ulurkan tangan beri bantuan kepada masyrakat terdampak.Kita berdoa kepada Allah SWT smoga diberi pertolongan,” imbuhnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646