0%
logo header
Senin, 09 Oktober 2023 13:39

Bappeda Parepare Gelar Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bappeda Parepare Gelar Konsultasi Publik Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Konsultasi Publik I Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dilanjutkan dengan Orientasi Penyusunan RPJPD Parepare 2025-2045.

Konsultasi publik dibuka langsung Penjabat (Pj) Sekda Kota Parepare HM Husni Syam di Ruang Data Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 9 Oktober 2023.

Hadir Plt Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun beserta jajarannya, dan narasumber Sri Hidayat, S.Si., M.Si., M.SP, Perencana Muda DLHK Provinsi Sulawesi Selatan yang juga Tenaga Ahli Penyusunan KLHS.

Baca Juga : Hermanto Dapat Restu Tokoh Masyarakat Parepare untuk Maju Pilkada

Menjadi peserta konsultasi publik para pejabat terkait Pemkot Parepare, NGO, dan stakeholder terkait.

Dalam arahannya Husni Syam mengatakan, konsultasi publik ini adalah momen yang baik untuk perencanaan Parepare lebih baik ke depan. “Kita-kita yang hadir di sini akan menentukan perencanaan dan masa depan Parepare lebih baik ke depan,” ujar Husni.

Husni mengemukakan, penyusunan KLHS RPJPD ini bertujuan untuk melakukan analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJPD.

Baca Juga : Aksi Peduli Lingkungan, Erna Rasyid Taufan dan Komunitas Pacekke Bersih-bersih Pantai Lumpue

“Ini juga sebagai instrumen untuk menerapkan prinsip berwawasan lingkungan dan berkelanjutan dalam penyusunan RPJPD. Dan memanfaatkan hasil KLHS RPJPD dalam penyusunan dokumen RPJPD,” ungkap Husni.

Husni berharap, melalui Konsultasi Publik I KLHS RPJPD tercapai kesepakatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) prioritas dan isu-isu strategis berdasarkan capaian TPB, hasil survei publik, kondisi lingkungan hidup (6 muatan KLHS) dan kebijakan yang relevan untuk Parepare.

“Isu-isu strategis KLHS RPJPD menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program dan KLHS RPJPD Kota Parepare tahun 2025-2045 dapat dimanfaatkan dalam penyusunan dokumen RPJPD Kota Parepare,” harap Husni.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646