0%
logo header
Rabu, 08 November 2023 20:26

BI Sulsel Hadirkan Pasar Luar Negeri di AMBF 2023, Pacu UMKM Menuju Global

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana saat membuka pelaksanaan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023, di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, Rabu, (08/11/2023). (Dok. Humas BI Sulsel)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana saat membuka pelaksanaan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023, di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, Rabu, (08/11/2023). (Dok. Humas BI Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Pelaksanaan Anging Mammiri Business Fair (AMBF) 2023 yang digelar Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan melibatkan pasar luar negeri dengan melibatkan exhibitors negara tujuan ekspor.

Upaya ini pun dilakukan sebagai langkah dalam mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dapat Go Global.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana mengatakan, AMBF 2023 menghadirkan 24 exhibitors dari dalam dan luar negeri, dengan beberapa negara tujuan ekspor. Mulai dari Singapura, Thailand, Malaysia, Turki, Iran, Australia, Mesir, India, dan Tiongkok.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

“Dalam kegiatan AMBF ini sebagian besar exhibitors merupakan pihak buyer dan agregator, sehingga para pelaku UMKM yang akan mengunjungi tiap-tiap booth di AMBF. Hal ini dilakukan untuk memperluas jejaring, menawarkan katalog dan membawa sampel produk, serta melakukan transaksi dagang secara langsung atau mendapatkan evaluasi dan masukan atas produknya,” katanya di sela-sela Pembukaan AMBF 2023 di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar.

AMBF 2023 dengan mengusung tema ”A Journey to Be A Global Player” akan berlangsung mulai 8 hingga 9 November 2023. Dalam pembukaan kegiatan ini turut dihadiri Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Since Erna Lamba, serta Ketua Komisi C DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Januar Jaury Darwis.

Menurut Causa Imam, pelaksanaan AMBF ini merupakan bagian dari upaya pengembangan UMKM secara end-to-end, dengan memberikan exposure kepada UMKM binaan dan mitra untuk dapat melakukan pemasaran, transaksi, maupun kerjasama dalam bentuk business matching kepada pihak buyer lokal maupun internasional menuju UMKM ”naik kelas” dan go global.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Termasuk juga sebagai wujud nyata dari optimisme dan bentuk sinergi lintas stakeholders dalam pengembangan UMKM di Sulawesi Selatan,” sebutnya.

Apalagi, salah satu tugas Bank Indonesia adalah mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam hal ini, pelaku UMKM menjadi salah satu penopang utama dari ekonomi Indonesia dengan 1,5 juta pelaku UMKM sebagai salah satu poros utama.

Berdasarkan data Sensus Ekonomi Nasional BPS, UMKM memiliki porsi 98,33 persen atau sekitar 26 juta pelaku, dari total pelaku usaha secara nasional. Sementara itu kegiatan ekspor memilki peran yang penting dalam perekonomian Sulawesi Selatan. Dalam hal ini, sumbangsih atau share ekspor pada pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan mencapai 10,58 persen dari PDB triwulan III periode 2023, atau memiliki andil sebesar 0,57 persen dari total pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan triwulan III periode 2023 sebesar 4,05 persen secara year on year (yoy).

Baca Juga : Penguatan Produk Hukum Daerah, Bapemperda DPRD Sulsel Hadiri Rakornas di Kaltim

“AMBF tahun ini telah memasuki tahun ketiga, dimana salah satu tujuan intinya yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, sekaligus meningkatkan aktivitas ekspor bagi pelaku usaha dan UMKM di wilayah Sulsel,” terangnya.

Sejalan dengan kegiatan AMBF tersebut, juga dilakukan beberapa sesi sharing pengetahuan aktivitas ekspor bagi pelaku UMKM yang menghadirkan influencer dan juga pelaku ekspor di Indonesia. Melalui sesi tersebut, diharapkan UMKM yang hadir sebagai peserta bisa memperoleh tambahan pengetahuan mengenai proses dan mekanisme ekspor serta tips-tips untuk mencari peluang dari pasar luar negeri.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646