0%
logo header
Senin, 24 Juni 2024 11:41

Blusukan ke Pasar Lakessi, Tasming Hamid Komitmen Benahi dan Berdayakan Pedagang

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid saat blusukan di Pasar Lakeesi
Ket : Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid saat blusukan di Pasar Lakeesi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Bakal calon Wali Kota Parepare dari Partai Nasdem dan PKS, Tasming Hamid (TSM), melakukan blusukan di Pasar Sentral Lakessi pada Minggu pagi (23/6/2024). Kunjungan ini dilakukan untuk mendengarkan langsung keluhan para pedagang.

Didampingi beberapa anggota timnya, TSM menyusuri lapak-lapak di pasar, bertemu dan berbincang dengan para pedagang yang tampak antusias menyambut kedatangannya. Mereka pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan berbagai keluhan.

Salah satu pedagang, Ilyas, mengeluhkan penurunan drastis omset penjualannya karena sepinya pembeli. Ia mengatakan, hasil penjualannya bahkan tidak cukup untuk menutupi biaya listrik tempat jualannya setiap bulan.

Baca Juga : Awal Agustus, Tasming Hamid Umumkan Calon Wakil

“Pemerintah harus lebih memperhatikan nasib pedagang pasar dan segera mencari solusi untuk masalah yang kami hadapi,” harap Ilyas.

Pedagang lainnya, Rapi, yang mewakili pedagang ikan, menyoroti kesemrawutan penataan area belakang pasar. Ia mengatakan, hal ini membuat pembeli enggan berbelanja di area pedagang ikan dan sayur, yang berdampak pada omset mereka.

Iwan, seorang pedagang ayam di area belakang pasar, mengungkapkan keprihatinannya atas penutupan jalan Amin Laengke. Ia mengaku, sejak akses jalan tersebut ditutup, lapaknya menjadi sepi pembeli.

Baca Juga : Komitmen Erna Rasyid Taufan Realisasikan 15 Program Andalan, Warga Labukkang Antusias Hadiri ERAT Menyapa

“Hampir tidak ada lagi pembeli sejak jalan Amin Laengke ditutup. Mereka malas harus jalan kaki terlalu jauh ke tempat kami. Kebijakan ini mematikan usaha kami,” keluh Iwan.

Salam Latief, salah satu tim TSM, mengatakan bahwa TSM selalu dekat dengan para pedagang di Pasar Lakessi. Bahkan, TSM dianggap sebagai bagian dari warga pasar tersebut. Salam juga menceritakan bagaimana TSM pernah menebus tunggakan listrik Pasar Lakessi yang disegel PLN dengan uang pribadinya sebesar sekitar 200 juta rupiah.

“TSM juga pernah menolak keras keinginan pemerintah menarik iuran dari seluruh pedagang untuk pembayaran angsuran pinjaman pembangunan pasar di Bank Dunia,” tambah Salam.

Baca Juga : Peringati Satu Dekade BPJS Kesehatan, RSUD Andi Makkasau Tegaskan Komitmen Tingkatkan Layanan Berkualitas

Di tempat yang sama, TSM menyampaikan bahwa pemerintah harus segera mengatasi masalah yang dihadapi para pedagang di Pasar Lakessi.

“Persoalan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut karena menyangkut kelangsungan hidup para pedagang dan keluarganya,” tegas TSM.

TSM berkomitmen, jika terpilih menjadi wali kota, ia akan melakukan pembenahan pasar dengan melibatkan seluruh stakeholder. Menurutnya, kebijakan penataan dan pengelolaan pasar harus melibatkan para pedagang karena mereka lebih tahu kebutuhan pasar.

Baca Juga : Tasming Hamid Prioritaskan Perbaikan Bantuan Sosial dan Pelayanan Publik di Parepare

“Penyebab kesemrawutan dan sepinya pembeli di beberapa area pasar adalah kebijakan sepihak tanpa melibatkan para pedagang. Kebijakan pembangunan harus dilakukan secara bottom up agar tepat sasaran,” jelas TSM.

Sebagai penutup, TSM menyampaikan misinya untuk mengembalikan kejayaan Pasar Sentral Lakessi sebagai jantung perekonomian Parepare.

“Kita harus mengembalikan kejayaan Pasar Sentral Lakessi. Dengan kebijakan yang tepat dan melibatkan seluruh stakeholder, saya yakin aktivitas perekonomian di pasar ini akan kembali bergairah,” ungkap TSM optimis. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646