0%
logo header
Sabtu, 27 Oktober 2018 19:01

Buka Djure Chapter II, Deng Ical Ungkap Dua Tugas Utama Seorang PMR

Syamsu Rizal (Deng Ical) berswafoto dengan siswa usai membuka kompetisi Djure Chapter II, di SMP 12 Makassar, Jumat (26/10/2018).
Syamsu Rizal (Deng Ical) berswafoto dengan siswa usai membuka kompetisi Djure Chapter II, di SMP 12 Makassar, Jumat (26/10/2018).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Ketua PMI Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, mengungkapkan dua tugas utama seorang PMR.

Hal ini disampaikan Deng Ical sapaan akrab Wawali Makassar pada saat membuka kompetisi Djure Chapter II, di SMP 12 Makassar, Jumat (26/10/2018) malam kemarin.

Menurutnya, tugas utama seorang PMR adalah menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup sehat dan produktif.

Baca Juga : Mercure Hotel Makassar Gelar Kompetisi Futsal, Siapkan Hadiah Jutaan Rupiah

“Jadi bukan hanya dalam konteks higenitas dan personalnya, tetapi juga dalam konteks sosialnya. Sehingga tidak boleh ada anak PMR yang tersangkut dalam masalah narkoba,” kata Wawali Makassar ini.

Karena kata dia, sebagai anak PMR itu mesti menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya.

“Biar orang lain ajaki memakai narkoba atau pergaulan asosial lainnya, pasti anak PMR paling depan untuk menolak. Karna sekali lagi tugas utama anak PMR itu jadi contoh dan teladan bagi dirinya dan orang lain,” pungkasnya.

Baca Juga : Resmi, Kapolri Hentikan Kegiatan Satgasus

Lanjut, tugas kedua PMR yang mesti dibangun itu adalah bagaimana menciptakan dan menjaga persahabatan.

“Hari ini kita bertemu dengan 16 tim dari 10 sekolah, berarti bertambah lagi saudara, teman dan jaringan kita. Sehingga dari 10 sekolah yang mengikuti kompetisi ini tidak boleh lagi ada masalah masalah sosial yang muncul,” tuturnya.

“Sehingga kalau ada masalah masalah sosial antara sekolah kita semua yang terdepan jadi perekat. Jadi kalau ada orang mau berkelahi kita duluan yang mengingatkan bahwa janganki berkelahi karena kita semua bersaudara dan bersahabat,” lanjutnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulbar Diminta Buka Hasil Assessment Ke DPRD dan Publik

Dengan begitu, menurut Deng Ical, akan muncul hal yang produktif yaitu kita melakukan pertukaran sumber daya dan sharing resource.

“Sharing resource inilah yang menjadi tulang punggung atau hal yang paling utama dalam peer education atau biasa disebut pendidikan remaja sebaya untuk PMR,” tutupnya. (rls)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646