0%
logo header
Rabu, 22 Juni 2022 16:40

Bulu Tangkis Piala Gubernur Paman Birin, Seleksi 191 Atlet Banua Untuk Kejuaraan Piala Presiden

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Pembukaan Festival 5 Cabang Olahraga Pelajar "Bulu Tangkis Piala Paman Birin", Rabu (22/06/2022). (Istimewa)
Pembukaan Festival 5 Cabang Olahraga Pelajar "Bulu Tangkis Piala Paman Birin", Rabu (22/06/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANJARMASIN — Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  membuka Festival 5 Cabang Olahraga Pelajar “Bulu Tangkis Piala Paman Birin” pada Rabu (22/06/2022) pagi.

Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin ini dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat bertanding dan menyerukan agar setiap atlet memberikan yang terbaik, dan berusaha keras di setiap pertandingan.

Menurut Paman Birin, atlet-atlet bulu tangkis fenomenal di Indonesia lahir dari hasil pembinaan yang ketat dan kerja keras atlet. Dia menyebut, para atlet harus dibina agar menjadi orang-orang profesional dalam berkompetisi.

Baca Juga : Peringati HUT ke-18, Komisi Yudisial Wilayah Kalsel Hadirkan 4 Tokoh

“Dalam olahraga cabang apapun, pembinaan merupakan kunci utama dalam menghasilkan atlet berprestasi. Atlet-atlet fenomenal di Indonesia, lahir dari pembinaan yang ketat dan disertai kerja keras atlet itu sendiri,” ungkap Sahbirin Noor kepada Republiknews.co.id.

Paman mengharapkan, nama besar bangsa Indonesia tetap dipertahankan dalam bulu tangkis dunia, termasuk atlet bulu tangkis asal Kalimantan Selatan. Dia pun ingin memajukan bangsa lewat prestasi-prestasi atlet Banua.

“Mari satukan semangat dalam memajukan bulutangkis di daerah masing-masing, demi kemajuan bulu tangkis di Kalimantan Selatan. Nama besar bangsa Indonesia sebagai raja bulu tangkis dunia, jangan sampai pindah ke negara lain,” terang Birin.

Baca Juga : PDIP Kalsel Gelar Upacara, Berry Nahdian Beri Pesan Ini di Hari Lahir Pancasila

Dalam sambutannya, Paman menegaskan kepada atlet agar tidak mempermasalahkan hasil pertandingan yang akan didapatkan nanti. Dalam motivasinya, dia mengingatkan para atlet agar terus bangkit walau kegagalan sekalipun, terus mengasah diri dan mempelajarinya.

“Tak masalah seberapa sering kita gagal, yang terpenting seberapa cepat kita bangkit. Pemenang sejati, tidak akan berhenti berjuang dalam pertandingan,” ucap Birin, peraih Golden Award 2019 kategori Gubernur Peduli Olahraga itu.

Kepala Dispora Provinsi Kalsel, Hermansyah ditemui usai acara menyampaikan bahwa Kejuaraan Piala Gubernur ini akan menyaring atlet-atlet yang nantinya akan mengikuti: Kejuaraan Piala Presiden, yang akan dilaksanakan pada 1-6 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga : Siti Setiyani, Cerita Seorang Kader TBC Komunitas

“Ini merupakan ajang untuk menyeleksi atlet-atlet Kalsel. Mudah-mudahan atlet kita bisa berprestasi untuk mengulangi kesuksesan sebelumnya, di mana kita berhasil memasukan atlet bulu tangkis kita ke Pelatnas,” ucap Hermansyah.

Sementara itu, panitia pelaksana Kejuaraan Piala Paman Birin, Ivansyah dalam laporannya menyampaikan bahwa event kali ini diikuti oleh 191 orang peserta yang kesemuanya sudah terdaftar sebagai anggota Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) sebagai syarat untuk mengikuti Piala Presiden nantinya.

“Seluruh peserta nantinya akan dipertandingkan dalam sejumlah kelompok,” ujarnya.

Baca Juga : Porseni NU 2023, Kontingen Kalsel Masuk Peringkat 13 Besar

Dikelompakkan dalam kategori, Ivansya menyebutkan, yakni tunggal anak putra dan putri, ganda anak putra dan putri, ganda pemula putra dan putri, tunggal remaja putra dan putri, ganda remaja putra dan putri dan ganda remaja campuran.

“Kejuaraan ini memperebutkan Piala Gubernur Paman Birin, serta piala bergilir dari dispora dan juga sejumlah uang tunai. Kemudian, juara 1 tiap kategori akan dikirimkan untuk mengikuti Kejuaraan Piala Presiden di bulan Agustus mendatang,” tandasnya.

Penulis : Rahim Arza
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646