0%
logo header
Kamis, 01 April 2021 14:34

Bupati Adnan Minta Penyusunan RKPD Kabupaten Gowa Bersinergi Dengan RPJMD

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Istimewa)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendorong agar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 dapat sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Ia mengaku, hal ini dilakukan lantaran di tahun ini Pemerintah Kabupaten Gowa juga harus menyusun RPJMD sebagai acuan dalam menjalankan roda pemerintahan selama periode keduanya bersama Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni.

“Tahun ini merupakan tahun yang penuh kerja keras dalam membuat perencanaan, karena selain menyusun RKPD kita juga harus menyusun RPJMD paling lambat 6 bulan setelah pelantikan,” ungkapnya, Kamis (01/04/2021).

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Adnan menjelaskan, RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi kepala daerah terpilih untuk ditetapkan dalam suatu peraturan daerah dan menjadi acuan pemerintahan sampai dengan 2025 mendatang. Selain itu, RPJMD tersebut akan menjadi pedoman bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Gowa untuk membuat program yang tidak keluar dari RPJMD.

“SKPD harus membuat proggram sesuai dengan RPJMD kita sehingga kedepan target kita jelas. Dan setiap tahunnya pembangunan daerah yang kita lakukan akan jauh lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang,” jelasnya.

Ia menyebutkan, di masa kepemimpinannya kali ini pihaknya memfokuskan sejumlah program, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas. Seperti berfokus pada pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan, pertanian/UMKM.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

“Kami akan tetap berfokus pada peningkatan SDM tanpa melupakan pembangunan fisik,” ujarnya.

Seperti misalnya, pada sektor pendidikan, pihaknya akan memberikan beasiswa kepada anak-anak di desa untuk berkuliah di universitas terbaik pada program investasi SDM Seperempat Abad. Kemudian pada sektor kesehatan akan melakukan pembangunan rumah sakit pratama di Kecamatan Bontonompo.

Selanjutnya pada sektor keagamaan, pemerintah daerah akan membangun rumah tahfidz. Khusus untuk peningkatan infrastruktur, pihaknya akan merampungkan pengerjaan Stadion Kalegowa dan Syekh Yusuf Discovery.

Baca Juga : Paket Data Baru Freedom Internet, Pengguna IM3 Bisa Atur Kebutuhan Kuota

“Termasuk kita juga akan fokus pada pemberdayaan UMKM untuk menunjang perekonomian masyrakat terlebih di tengah pandemi Covid-19,” tambah Adnan.

Olehnya dirinya berharap, penyusunan RKPD ini harus betul-betul berfokus pada visi misi yang ada yang berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gowa.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Taufik Mursad mengatakan pelaksanaan musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan.

Baca Juga : 66 Kepala Desa di Gowa Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

“Termasuk pula prioritas dan sasaran pembangunan daerah, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,” katanya.

Kegiatan ini diikuti 150 peserta dan 350 secara virtual dari berbagai pemangku kepentingan seperti tim delegasi kepentingan, DPRD, organisasi profesi, LSM, organisasi perempuan, organisasi masyarakat dan organisasi pemuda. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646