Bupati Adnan Sebut TP PKK Gowa Berkontribusi Bantu Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, memberikan sambutan saat menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (18/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mengaku keberadaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa sebagai mitra pemerintah memiliki kontribusi penting dalam setiap rencana pembangunan daerah. Salah satunya ditengah pandemi Covid-19 ini TP PKK membantu dalam mempercepat penanganan vaksinasi.

Olehnya, dengan hal itu pihaknya meminta keberadaan TP PKK Gowa dapat terus bersinergi dalam mempercepat capaian vaksinasi.

“Kira harapkan target vaksinasi pada Desember 2021 ini dapat mencapai 70 persen. Semoga target ini bisa segera terealisasi,” katanya di sela-sela menghadiri Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (18/11/2021) kemarin.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia khususnya Kabupaten Gowa sehingga percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk mencapai target kekebalan tubuh atau herd immunity 70 persen.

“Saya berharap PKK bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mensinkronisasikan seluruh program yang ada salah satunya terus bersama pemerintah mendorong percepatan vaksinasi karena kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Ia mengaku saat ini capaian vaksinasi.Gowa masih diangka 41 persen selain dipengaruhi jumlah penduduk yang besar juga karena proses penginputan dalam aplikasi yang sempat terjadi kekeliruan.

“Kita sekarang berada di angka 41 persen dan telah dikatakan oleh Pak Gubernur ada perubahan sistem aplikasi yang dimana harus diinput satu persatu,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, saat ini gerakan TP PKK Gowa semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Menurutnya sejak merebaknya pandemi Covid-19, kader TP PKK telah aktif melakukan berbagai langkah nyata.

“Sejak pandemi di tahun 2020, PKK berperan aktif melakukan edukasi protokol kesehatan dengan 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta 3 T testing, tracing dan treatment, pemberian makan bergizi bagi masyarakat terdampak Covid-19 serta gebrak masker yang dilakukan sejak awal pandemi,” jelasnya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu PKK Gowa berhasil meraih juara pertama capaian tertinggi vaksinasi tingkat kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dan sampai saat ini terus dilakukan di tingkat desa/kelurahan.

“Alhamdulillah kita terus melakukan vaksinasi massal di tingkat desa/kelurahan. Hal ini kita lakukan untuk segera bisa mencapai target kekebalan tubuh yaitu 70 persen masyarakat yang teevaksin,” tambah Priska.

Olehnya ia berharap, di momentum HKG ini yang mengangkat tema “Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju” dapat memberi makna bahwa PKK dalam hal ini hendaknya tahu, mau, dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam segala aspek moral, pendidkan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“PKK bukan semata-mata untuk keluarga akan tetapi PKK adalah yang mampu menginspirasi keluarga indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” harap Priska.

Pada peringatan ini turut dilakukan pemberian penghargaan Adhi Bhakti Pratama kepada Ketua I TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf atas pengabdiannya selama 25 tahun tanpa henti pada PKK Kabupaten Gowa, dan kepada 19 orang pengurus PKK Kabupaten Gowa atas pengabdian 10 tahun yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan didampingi Bupati Gowa sebagai Ketua Pembina TP PKK Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Rhy)

  • Bagikan