0%
logo header
Sabtu, 21 Mei 2022 19:21

Bupati Buteng Tetapkan Khatmil Qur’an Dilaksanakan Setiap Tahun

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Buteng H. Samahuddin, SE didampingi anggota DPRD Buteng Hasrun, Kabag Kesra Buteng dan Camat Mawasangka saat kegiatan Khatmil Qur'an, Jum'at (20/05/2022) pagi.
Bupati Buteng H. Samahuddin, SE didampingi anggota DPRD Buteng Hasrun, Kabag Kesra Buteng dan Camat Mawasangka saat kegiatan Khatmil Qur'an, Jum'at (20/05/2022) pagi.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Ratusan siswa dan siswi TK, SMP, SMA dan TP Al Qur’an Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), mengikuti Khatmil Qur’an massal yang digelar di Lapangan Lembah Hijau Kecamatan Mawasangka, Jumat (20/05/2020) pagi.

Khataman massal disaksikan langsung oleh Bupati Buteng H. Samahuddin, SE didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Buton Tengah. Hj. Jusniar. Tampak juga para Kepala Dinas, Anggota DPRD Buteng, Camat Mawasangka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buteng.

Dalam kegiatan tersebut Ust. Hamirudin selaku tokoh Agama mengatakan kegiatan Khatmil Qur’an ini merupakan kegiatan perdana yang akan langsung dibuka dan ditetapkan oleh Bupati Buteng Samahuddin.

Baca Juga : Libatkan Sejumlah Pihak, KPPU Cari Solusi Terkait Kenaikan Harga Bawang Putih

Hamirudin menjelaskan dari masing-masing yang khatam membawa Sihipua yaitu batang pohon pisang yang dihiasi berbagai macam makanan dan buah-buahan.

“Jadi kalau kita lihat pohon-pohon yang dihiasi ini tentunya sangat indentik dengan apa yang dilakuakan leluhur kita yaitu tentang sejarah sau sumangka yaitu pohon yang berbagai macam alat kehidupan manusia,” ungkap Ust Hamirudin.

Kemudian, Hamirudin menjelaskan pohon pisang yang dilengkapi dengan makanan dan buah-buahan itu merupakan nilai historis rasa syukur hamba kepada Tuhannya.

Baca Juga : KJPP Minta Pemilihan Komisoner KPID Sulsel Diulang

Sementara itu, Bupati Buteng dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini membuktikan bahwa kita semua benar-benar peduli terhadap perkembangan pendidikan di bidang keagamaan.

“Saya mengucapakan terimakasih dan memberika apresiasi kepada para guru, ustadz dan ustadzah yang secara serius dan konsisten dalam membina para santrinya untuk belajar Al Qur’an,” ujarnya.

Samahuddin menambahkan, kegiatan Khatmil Qur’an akan diadakan setiap tahunnya setelah selesai lebaran Idul Fitri.

Baca Juga : RPJPD Gowa 2025-2045 Disusun Menuju Indonesia Emas dan Keberlanjutan Pembangunan

“Kegiatan Khatmil Qur’an ini akan diakan setiap tahunnya dan tinggal dua hari masa jabatan saya ini, maka saya akan tetapkan pada sore hari ini,” ucap Samahuddin.

“Jadi nanti siapa2 yang akan jadi pemimpin kegiatan ini jangan dihilangkan,” sambungnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Buteng mengucapakan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat tentang kepercayaan yang diberikan selama 5 tahun jabatannya sebagai Bupati.

Baca Juga : KJPP Desak DPRD Sulsel Suarakan Penolakan RUU Penyiaran

“Lagi-lagi sisa dua masa jabatan saya ini mohon dimaafkan kalau ada selama masa kepemimpinan saya ini kurang berkenan di hati,” tutupnya. (*)

Penulis : Rudi ard
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646