0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 14:06

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Terima Penghargaan Dwija Praja Nugraha

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Jakarta, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha dari Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), di Jakarta, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meraih penghargaan Anugerah Dwija Praja Nugraha.

Penghargaan ini diberikan oleh Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebab dinilai memiliki perhatian lebih terhadap dunia pendidikan. Apresiasi ini pun diterima di sela-sela Perayaan Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2023, di Britama Arena, Mahaka Square, Jakarta Utara.

Adnan mengaku, pencapaian tersebut berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak yang ada, sehingga akan menjadikan penghargaan tersebut sebagai motivasi untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Gowa lebih baik dan lebih maju lagi.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

“Alhamdulillah hari ini kita menerima penghargaan dari PB PGRI yang disaksikan langsung oleh Bapak Presiden, Joko Widodo. Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi sejak awal kami sudah sangat konsen dalam program pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM,” ungkapnya, usai menerima penghargaan, kemarin.

Lanjutnya, pihaknya sejak menjabat sebagai kepala daerah bersama Wabup Gowa, Abd. Rauf Malaganni hingga di periode kedua memang menjadikan pendidikan sebagai salah satu program prioritasnya. Menurutnya, dengan pendidikan lah akan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Gowa.

“Untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang unggul salah satunya didukung oleh pendidikan. Makanya sesuai dengan visi misi Pemkab Gowa, kami ingin mewujudkan masyarakat yang unggul dan tentunya melalui program-program di bidang pendidikan,” ungkapnya.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Ia menyebutkan, ada beberapa program yang dihadirkan pada bidang pendidikan. Antara lain, Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Imtaq Indonesia, Satu Desa/Kelurahan Satu Sarjana, Satu Desa/Kelurahan Satu Hafidz atau Program Mahasantri, dan Program Investasi SDM Seperempat Abad.

Tak hanya itu, untuk mendukung hal tersebut pihaknya juga setiap tahun menganggarkan untuk para guru dalam hal peningkatan kompetensi. Bahkan pemberian PPG bagi guru agama sejak 2022 sebanyak 100 orang per tahunnya.

Penghargaan ini merupakan penghargaan yang ke-202 yang diraih oleh Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Adnan-Kio, dan berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan SDM yang unggul dapat terwujud dan melalui program yang dihadirkan dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa Taufik Mursad mengatakan, penghargaan ini diraih atas usulan PGRI Kabupaten Gowa melalui PGRI Provinsi Sulawesi Selatan. Dimana PGRI Sulsel melihat Gowa sangat konsen terhadap pendidikan khususnya terkait kemajuan pendidikan, peduli dengan guru dan kesejahteraan guru, hingga memiliki komitmen yang tinggi terhadap peningkatan SDM. Sehingga mampu mewakili Sulsel dalam penghargaan tersebut.

“Kita mewakili Sulsel yang diusulkan oleh PGRI Sulsel dan telah melalui beberapa tahapan seperti kelengkapan berkas, tahapan verifikasi dan wawancara yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh tim kepada Pak Bupati,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646