0%
logo header
Selasa, 16 Januari 2024 16:05

Bupati Gowa Berhasil Terima SMSI Sulsel Award 2023, Jadi Kepala Daerah Peduli Media

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan Kepala Daerah Peduli Media pada SMSI Award 2023, di Hotel Claro Makassar, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menerima penghargaan Kepala Daerah Peduli Media pada SMSI Award 2023, di Hotel Claro Makassar, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berhasil menjadi salah satu kepala daerah yang berhasil menerima penghargaan dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan yang diterima pun pada kategori Kepala Daerah Peduli Media pada SMSI Award 2023.

Penghargaan tersebut menjadi penghargaan ke 209 yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan – Abd Rauf Malaganni atau Adnan-Kio hingga awal 2024 ini.

Adnan mengaku, Pemkab Gowa memang memiliki sinergitas yang baik dengan media. Sebab, media dinilai memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan suatu daerah. Pasalnya melalui pemberitaan dari media yang ada seluruh program hingga capaian pemerintah daerah dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

“Dalam teori Pentahelix ada lima unsur pilar pembangunan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Antara lain, pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi dan media. Jika kelima unsur ini berjalan dengan dengan baik maka yakin dan percaya daerah tersebut juga baik,” jelasnya, usai menerima penghargaan, di Hotel Claro Makassar, kemarin.

Ia berharap, dengan diraihnya penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kerjasama antara pemerintah dengan berbagai pihak yang berdampak baik tehadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Gowa.

Sementara, Ketua SMSI Sulsel Rasid Alfarizi mengatakan, SMSI Award ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakukan sebagai cara mengapresiasi beberapa kepala daerah, tokoh dan korporat yang memiliki kepedulian terhadap media.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“SMSI Award ini sudah dua kali kami gelar, pertama di 2021 dan 2023. SMSI Award Ini kami persembahkan untuk daerah kita Sulawesi Selatan,” katanya.

Rasid menyebut, ada empat kategori award yang diberikan yakni Achievment for Inspirational Figure, Kepala dan Pemerintah Daerah Peduli Media, Tokoh Progresif dan Inspiratof, dan Korporat Peduli Media.

“Ada beberapa kepala daerah yang kami anggap peduli terhadap media. Seperti Bupati Gowa, Maros, Barru, Luwu, Pinrang, Luwu Utara, Soppeng, Pangkep, Enrekang dan beberapa kepala daerah lainnya,” sebutnya.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

Sementara, salah satu pengurus SMSI Sulsel Lukman mengatakan, penghargaan yang diterima Bupati Gowa karena merupakan salah satu kepala daerah yang punya kepedulian tinggi terhadap media online lokal yang ada di Sulsel.

“Selain itu beliau (Adnan) sangat mudah ditemui dan dihubungi wartawan yang ingin mendapat konfirmasi. Juga keterbukaan informasi, sinergitas kerjasama dan kemudahan peliputan bagi wartawan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Gowa menjadi salah satu indikatornya,” jelas Lukman yang juga penanggung jawab salah satu media online di Sulsel ini.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646