0%
logo header
Kamis, 28 Desember 2023 09:34

Bupati Gowa Inisiasi Pembentukan Forum CSR Kabupaten

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Penguatan Sinergitas Program CSR Untuk Percepatan Pembangunan, di Kabupaten Gowa, di Hotel Mercure Makassar, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Penguatan Sinergitas Program CSR Untuk Percepatan Pembangunan, di Kabupaten Gowa, di Hotel Mercure Makassar, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menginisiasi dibentuknya Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten dalam rangka mendorong upaya pembangunan daerah.

Adnan mengatakan, dalam peraturan pemerintah atau undang-undang disebutkan setiap perusahaan wajib mengeluarkan 2 hingga 4 persen dari laba untuk program CSR. Sehingga sangat penting dilakukan penyamaan persepsi agar program CSR bisa terintegrasi dengan program prioritas daerah, khususnya di Kabupaten Gowa.

“Ini merupakan pertanggungjawaban sebuah perusahaan untuk bisa membantu daerah dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi dalam aturannya wajib minimal 2 persen paling besar 4 persen untuk disalurkan melalui program CSR,” ungkapnya, saat menghadiri Penguatan Sinergitas Program CSR Untuk Percepatan Pembangunan, di Kabupaten Gowa, di Hotel Mercure Makassar, kemarin.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

Ia mengungkapkan, forum tersebut nantinya akan menampung seluruh CSR dari perusahaan, dan kemudian dari forum tersebut akan menyalurkan sesuai dengan program prioritas pemerintah yang tidak tercover oleh APBD. Sehingga, sebagai langkah awal dirinya meminta agar seluruh pimpinan SKPD mulai mengidentifikasi perusahaan yang ada di Kabupaten Gowa.

“Tugas para pimpinan SKPD adalah melakukan identifikasi perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Gowa untuk bisa diajak, diundang dalam menyatukan persepsi, pikiran agar mereka betul-betul dapat dikontrol untuk bisa mengeluarkan CSR-nya sebesar 2-4 persen kepada program yang dianggap menjadi prioritas dan tentunya tidak dibiayai oleh APBD kita,” jelasnya.

Ia berharap, forum CSR Kabupaten yang akan dibentuk ini pun diharapkan dapat mulai beroperasi pada 2024 mendatang. Tujuannya, agar seluruh program prioritas di Kabupaten Gowa dapat berjalan beriringan dengan komitmen bersama antara pemerintah dan perusahaan melalui dana CSR nya.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“Tidak akan mungkin suatu daerah bisa maju dan bergerak jika hanya mengandalkan APBD di seluruh sektor yang ada di wilayah Kabupaten Gowa. Sehingga kita berharap pemerintah dan swasta ini bisa betul-betul memiliki komitmen yang sama untuk bergerak bersama memajukan wilayah, dan mensejahterakan masyarakat,” harap Adnan.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Gowa Sujjadan mengatakan, kegiatan ini untuk membangun persepsi dan pemahaman yang sama antara pelaku usaha atau perusahaan dengan pemerintah Kabupaten Gowa. Serta, membangun kolaborasi dan sinergitas antara pelaku usaha dengan pemerintah daerah melalui pembentukan forum CSR di Kabupaten Gowa.

“Ini kita lakukan agar program CSR terintegrasi dengan program prioritas pembangunan dan hasilnya program lebih tepat sasaran dan lebih berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

Olehnya pertemuan ini akan membentuk forum CSR Kabupaten Gowa sebagai wadah pengelolaan CSR yang lebih transparan, partisipasi, dan akuntabel. Sehingga tercipta kolaborasi dan sinergitas antara pelaku usaha dan pemerintah daerah melalui kerja sama dan kemitraan dan pengelolaan CSR yang berkelanjutan.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646