0%
logo header
Sabtu, 16 Oktober 2021 14:06

Bupati Sinjai kembali Diganjar Penghargaan Kemenkes RI

Rizal
Editor : Rizal
Bupati Sinjai Andi Seto Ghaditsa Asapa, memerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI melalui Virtual, Jumat (15/10/2021).
Bupati Sinjai Andi Seto Ghaditsa Asapa, memerima penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI melalui Virtual, Jumat (15/10/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diumumkan saat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia secara Virtual yang diikuti Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa di Rumah Jabatan. Jum’at (15/10/2021) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, Emmy Kartahara Malik menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan ke Bupati Andi Seto Asapa karena dinilai berhasil membawa Kabupaten Sinjai bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

“Kabupaten Sinjai sudah dinyatakan bebas dari perilaku BABS atau ODF dari Kementerian Kesehatan setelah dilakukan penilaian pada tanggal 24 September lalu,” ucapnya.

Penerimaan penghargaan ini, kata Emmy diharapkan dapat mempertahankan pencapaian tersebut dengan lebih meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kedepannya, bapak Bupati mengharapkan penghargaan ini bisa kita pertahankan, bahkan lebih meningkatkan agar semua desa dan kelurahan untuk meninggalkan perilaku BABS tadi,” ungkapnya.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

Selain Bupati Sinjai, ada 3 penghargaan lainnya juga disematkan kepada Kepala Desa Lappacinrana Kecamatan Bulupoddo, Mulyanto sebagai Kepala Desa Terbaik dalam mendorong percepatan STBM.

Kemudian Resmita dari Puskesmas Bulupoddo sebagai sanitarian terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM. Serta Nuraeni selaku Ketua TP PKK Desa Lappacinrana menerima penghargaan sebagai natural leader terbaik dalam upaya mendorong percepatan STBM.

Sebelumnya beberapa minggu yang lalu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa juga telah menerima dua penghargaan bertaraf nasional.

Baca Juga : Paket Data Baru Freedom Internet, Pengguna IM3 Bisa Atur Kebutuhan Kuota

Masing-masing penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Serta penghargaan dari Kementerian Keuangan RI atas pencapaian Kabupaten Sinjai meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diserahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai, Erniati. (Anto)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646