0%
logo header
Jumat, 23 Agustus 2019 18:53

Dekranasda Makassar Akan Kembangkan Kerajinan Bambu di Pulau Lakkang

Ketua PKK Makassar Murni Iqbal, mengunjungi Pulau Lakkang, Jumat (23/08/2019).
Ketua PKK Makassar Murni Iqbal, mengunjungi Pulau Lakkang, Jumat (23/08/2019).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Iqbal, mengunjungi PulauLakkang, Jumat (23/08/2019).

Didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Andi Muhammad Yasir, Camat Tallo Zainal Takko, Lurah Lakkang, dan juga beberapa pengurus TP PKK kota Makassar, Murni berkeliling menyaksikan berbagai potensi yang dimiliki Pulau yang terletak di tengah-tengah sungai Tello, yang berada dalam Administrasi Kecamatan Tallo, Kota Makassar..

 “Kita berkunjung melihat sumber daya yang ada, dan Alhamdulillah benar adanya potensi bambu di delta Lakkang luar biasa, sehingga pengembangan kerajinan bambu tentu dapat dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga : Segarkan Birokrasinya, Bupati Buteng Rotasi 12 Pejabat Eselon II

Murni Iqbal, yang juga Ketua Dekranasda Kota Makassar menambahkan bahwa hal tersebut sejalan dengan tema Dekranasda yang diangkat di 2019 yakni terkait kerajinan bambu.

“Tentu bukan hanya sebatas hasil produksi yang akan kita sempurnakan, tetapi hingga pada proses pemasaran. Sehingga hasil produksi yang telah dihasilkan masyarakat Lakkang dapat sampai ke tangan konsumen, dan memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, letak geografis delta Lakkang yang cukup strategis, menjadikannya memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata kota Makassar.

Baca Juga : Bupati Buteng Tetapkan Khatmil Qur’an Dilaksanakan Setiap Tahun

“Dari segi geografis, delta Lakkang memiliki potensi sebagai salah satu destinasi wisata, dan diharapkan mampu memberikan multi efek bagi masyarakat, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan,” sambungnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Andi Muhammad Yasir, menambahkan bahwa saat ini melalui Dinas Perdagangan telah melaksanakan pelatihan kerajinan bambu, sebagai salah satu program yang dicanangkan untuk peningkatan kualitas produk.

“Didukung oleh sumber daya alam, serta kemampuan dasar yang telah dimiliki masyarakat Lakkang dalam membuat kerajinan bambu, sehingga dengan pelatihan tambahan tentu mampu meningkatkan kualitas hasil,” lanjutnya.

Baca Juga : Pimpin Upacara Harkitnas di Buteng, Bupati Samahuddin Memohon Maaf

Hal yang terpenting menurut Kadis A M Yasir yakni pada proses finishing, sehingga masyarakat sangat membutuhkan  peralatan yang lebih spesifik.

“Dengan peralatan seadanya, menggunakan gergaji dan parang, mereka mampu menghasilkan karya yang terbilang bagus. Agar memenuhi standar pasar, perlu diberikan solusi berupa alat peralatan khusus,” lanjutnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646