0%
logo header
Jumat, 08 September 2023 09:35

Dekranasda Sulsel Siap Meriahkan Event Kriyanusa 2023, Tiga Produk UMKM ini Bakal Ikut Awards

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat melakukan Silaturahmi dengan Pengurus Dekranasda, Kamis (07/09/2023). (Istimewa)
Pj Ketua TP PKK Sulsel Sofha Marwah Bahtiar, saat melakukan Silaturahmi dengan Pengurus Dekranasda, Kamis (07/09/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Sofha Marwah Bahtiar melakukan Silaturahmi dengan Pengurus Dekranasda di Gedung Kantor Dekranasda, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (07/09/2023).

Kedatangan Sofha Marwah disambut langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmadi Akil, Sekretaris Perindustrian dan Perdagangan, Adelleidah Susiane Toreh, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel, Ainun Jariah serta pengurus dan anggota Dekranasda.

Sofha memberikan apresiasinya atas kinerja dari Pengurus Dekranasda Sulsel. Menurutnya, Dekranasda Sulsel luar biasa, dimulai dari kerajinan yang ditampilkan. Belum lagi dengan penghargaan-penghargaan yang pernah diraih selama ini.

Baca Juga : Rapat Virtual Bersama Pengurus PKK, Dekranasda dan Bunda PAUD Sulsel, Ini Intruksi Ninuk Triyanti Zudan

Dalam kesempatan itu, Sofha mulai membahas penyusunan program di tahun 2024. Dia juga mengapresiasi kinerja Dekranasda Sulsel selama ini. Baginya, Dekranasda Sulsel adalah tim yang kompak.

“Semoga dengan kita bersama-sama, kedepannya Dekranasda Sulsel bisa bekerja lebih bagus lagi,” harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Sofha melihat-lihat hasil karya UMKM binaan Dekranasda dari 24 kabupaten/kota.

Baca Juga : Budayakan Hidup Sehat, Pj Gubernur Prof Zudan Ajak OPD dan Masyarakat Rutin Olahraga

“Tadi saya terkesan dengan sesuatu yang mau ditampilkan nantinya pada Kriyanusa, misalnya sajadah kolaborasi Tenun Takalar dan Wajo. InsyaAllah produk ini  bisa menjadi juara,” harapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmadi Akil menambahkan bahwa Kriyanusa akan dilaksanakan untuk ke-6 kalinya tahun ini, untuk seluruh pengrajin Kriya Nusantara.

Kriyanusa merupakan pameran kerajinan berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dekranasda. Tujuannya untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk Kriya Indonesia. Acara ini juga dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar Kriya Indonesia.

Baca Juga : Pj Ketua PKK Sulsel Terima Kunjungan Pengurus YKI, Perwosi dan PII

“Pada event Kriayanusa nanti akan ada event penilaian Dekranasda Awards. Produk yang rencananya akan kita usung itu ada tiga. Pertama, produk kolaborasi sajadah antara Tenun Takalar dan Tenun Sutra dari Wajo. Dan ini adalah produk terbarunya kita di Sulsel,” kata Ahmadi.

Produk kedua, lanjut Ahmadi adalah produk anyaman Takalar kolaborasi dengan kerajinan bambu dari Barru yang menghasilkan lampu hias. Dan ketiga adalah produk kolaborasi antara limbah marmer yang juga akan dijadikan lampu hias.

Tak hanya perkenalan produk, menurut Ahmadi, di Kriyanusa nanti sesuai dengan arahan dari Dekranasda pusat bahwa semua Ketua Dekranasda Provinsi ikut fashion show di malam opening.

Baca Juga : Dekranasda Sulsel Ikuti Pameran Expo UMKM di Solo, Sofha Marwah: Produk Unggulan dan Terbaik dari Sulsel

“Dan kita sampaikan tadi kepada Ibu Sofha bahwa apakah beliau bersiap untuk mengikuti fashion show tersebut dan beliau siap,” ungkapnya.

Dekranasda Sulsel bahkan memperlihatkan beberapa motif, ada motif toraja, motif sutera lagoshi dan seterusnya. Dan rupanya Pj Ketua TP PKK lebih tertarik dengan motif lagoshi.

“Karena katanya itu sudah menasional hampir semua orang di Indonesia sudah tahu dan asalnya dari Sulsel,” pungkasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646